INDONEWS.ID

  • Selasa, 31/01/2023 21:38 WIB
  • Masyarakat Kepulauan Nias Se-Jabodetabek Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru Bersama

  • Oleh :
    • very
Masyarakat Kepulauan Nias Se-Jabodetabek Gelar Perayaan Natal dan Tahun Baru Bersama
Warga masyarakat Kepulauan Nias (Kepni) Se-Jabodetabek menggelar perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 bersama. (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Hampir dua ribuan tamu undangan dan hadirin beserta sejumlah tamu kehormatan mengikuti Kegiatan FKNO yang bertajuk "Acara Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru" warga masyarakat Kepulauan Nias (Kepni) Se-Jabodetabek. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (28/1) di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Kawasan Medan Merdeka, Jakarta, Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh komunitas "Forum Komunikasi Nihakeriso Ononiha" (FKNO).

Baca juga : Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Kegiatan serupa pernah pernah beberapa kali diselenggarakan di Jakarta oleh FKNO. Penyelenggaraan berlangsung setiap awal tahun, sejak tahun 2001, sehingga sudah terselenggara sebanyak dua puluh dua kali (sudah memasuki tahun ke-22 di awal tahun 2023).

Keseluruhan infrastruktur ekosistem keberadaan dan kehadiran FKNO, pada dasarnya berbasis pada sejumlah pemikiran, perumusan, penyelenggaraan, dan pelaksanaan ide dan gagasan untuk membangun jiwa, semangat, dan etos "Kasih Dalam Kebersamaan". Kualitas moto tersebut harus senantiasa dan semakin ditingkatkan dalam berbagai bentuk dan skala program dan kegiatan.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro

Komunitas FKNO melalui Pengurus dan Penyelenggara mengundang kalangan masyarakat (warga masyarakat Kepni) yang berasal dari kawasan Jabobetabek dan juga sebagian yang berasal dari luar kawasan Jabodetabek. Juga mengundang kalangan Gereja-Gereja, organisasi kemasyarakatan, komunitas, profesional, dan lain-lain.

Kemudian mengundang sejumlah tamu kehormatan dan tamu undangan lainnya dari beberapa institusi dan elemen. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung secara langsung, terbuka, harmonis, dan dinamis. Berlangsung dalam suasana kekeluargaan, persahabatan, dan persaudaraan dengan semangat persatuan dan gotong-royong.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat

Konstruksi dan substansi kegiatan memiliki pesan moral dan mempunyai pesan kultural atas keseluruhan ekosistem penyelenggaraan kegiatan. Juga mengandung dan memancarkan pesan moral dan kultural atas pengundangan kepada kalangan masyarakat.

Pesan dan spritualitas tersebut adalah merupakan bagian dari kelanjutan dan tahapan dari pengembangan keorganisasian, komunitas, dan merupakan agenda pemajuan masyarakat. Lagi pula pesan dan spritualitas tersebut ditumbuhkan dan dibangkitkan dalam kerangka untuk membangun dan meningkatkan perihal strategis yang berbobot dan bermanfaat.

Beberapa kalangan institusi, elemen, dan figur menghadiri dan mengikuti kegiatan, sekaligus menyampaikan kata sambutan. Turut menyampaikan kata sambutan antara lain Gubernur Lemhannas RI yang juga mantan Menteri Sekretaris Kabinet RI Doktor Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc.

Selanjutnya Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. (diwakili oleh Asisten Logistik/Aslog Kapolri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono); Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia dan mantan Komisi Politik dan Hukum DPR-RI Firman Jaya Daeli; Bupati Nias Utara - Kepni Amizaro Waruwu (mewakili para Kepala Daerah dan jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota Se-Kepni); Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara/Wakil Ketua PT TUN Jawa Timur Doktor Disiplin Manao, S.H., M.H. (mewakili jajaran Dewan Penasehat FKNO); dan Ketua Umum FKNO Marfetika Lahagu, S.E., M.M.

Penyelenggaraan kegiatan disertai, diwarnai, dan dimaknai dengan berbagai   bentuk, jenis, dan wujud formulasi dan artikulasi acara. Ada beberapa pergelaran dan penampilan acara selama kegiatan, yang dihadirkan melalui beberapa "kesaksian bernuansa kesenian dan kebudayaan".

Kegiatan diawali dengan acara prosesi memasuki ruangan dan memulai kegiatan serta diakhiri dengan acara Tari Maena Bersama.

Ketua Panitia Penyelenggara Otniel Hia Sinaro Gurae, S.E. menyampaikan Laporan Penyelenggaraan kegiatan acara. Ephorus BNKP Pdt. Ritter Dachi, S.Th, M.Si., menyampaikan renungan  sebagai Pengkhotbah. Pdt. Fosawato Zalukhu, S.Th., bertindak melayani sebagai Liturgos.

Ada juga Pelantikan dan Pengukuhan Kepengurusan Baru FKNO (Ketua Umum Marfetika Lahagu, S.E., M.M. ; Sekretaris Umum Pdt. Sanongoni Waruwu, S.Th, M.Pd. ; Bendahara Umum Dermawanis Harefa, S.Th). ***

Artikel Terkait
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Artikel Terkini
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Mengenal Lebih Jauh Ayush Systems of Medicine India dan Perannya di WHO
Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Aiman, ICJR Ingatkan Beberapa Kasus Lain yang Serupa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas