INDONEWS.ID

  • Selasa, 07/02/2023 15:15 WIB
  • Implikasi Perubahan Status Provinsi

  • Oleh :
    • luska
Implikasi Perubahan Status Provinsi

Oleh : Mohamad Kemal Abror 

Sebelum membahas implikasinya, kita harus mengetahui tujuan dari wilayah administrasi dan pengaruhnya terhadap provinsi-provinsi di Indonesia. Wilayah administratif adalah wilayah yang batas-batasnya ditentukan oleh kepentingan negara atau politik, seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, atau kelurahan.

Daerah administratif menciptakan lingkungan kerja bagi aparatur negara yang menjalankan tugas administrasi publik atau kewenangan di daerah. Dengan tuntutan dan aspirasi pemekaran wilayah, hal ini tetap menjadi perdebatan hangat hingga saat ini. Semua upaya ini karena ketidakseimbangan dalam pembangunan daerah.

Dalam beberapa kasus, pemekaran adalah cara terbaik, yang sulit dihindari. Di sisi lain, terdapat beberapa permasalahan otonomi daerah, yaitu banyak daerah otonom baru yang terkesan tidak mampu berkembang. Banyak daerah hanya menghabiskan uang untuk administrasi dan masalah birokrasi internalnya, sementara pembangunan berbagai infrastruktur dikesampingkan. Masyarakat sebenarnya tidak mendapatkan apa-apa, mereka hanya diberi rasa bangga bahwa mereka memiliki daerah otonom baru. Karena pemerintah terus mengeluarkan uang untuk daerah-daerah baru. 

Oleh karena itu, perlu dibuat daerah administratif sebagai solusinya. Tujuannya agar daerah yang ingin dimekarkan, tidak harus langsung dimekarkan dari daerah induknya sebelum siap. Semua pelayanan publik dan rencana APBD dapat dikelola sendiri, sehingga pelayanan dan pembangunan dapat terlihat realistis seperti yang diharapkan dan terbimbing.

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas