INDONEWS.ID

  • Sabtu, 18/02/2023 15:07 WIB
  • Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo Dorong ASN Tingkatkan Budaya Kerja Produktif sesuai Core Values BerAKHLAK

  • Oleh :
    • Mancik
Kepala BSKDN  Yusharto Huntoyungo Dorong ASN Tingkatkan Budaya Kerja Produktif sesuai Core Values BerAKHLAK
Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo.(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) BSKDN meningkatkan budaya kerja produktif sesuai core values yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK). BerAKHLAK merupakan nilai dasar yang perlu dimiliki setiap ASN dalam menjalankan tugasnya.

Pesan tersebut disampaikan Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat memberi arahan dalam acara Peningkatan Kapasitas ASN sekaligus Penandatanganan Komitmen Bersama Terkait Implementasi Core Values BerAKHLAK di Lingkungan BSKDN. Acara tersebut berlangsung di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor pada tanggal 16 hingga 17 Februari 2023.

Baca juga : Simak! Mendagri Bicara Soal Netralitas ASN dalam Pilkada 2024

Lebih lanjut, Yusharto menjelaskan, transformasi Badan Litbang Kemendagri menjadi BSKDN tidak hanya mengubah nomenklatur organisasi semata, tetapi harus dibarengi dengan perubahan budaya kerja yang lebih produktif. Dia mengatakan, budaya kerja produktif dapat dibentuk ASN dengan berpegang teguh pada core values BerAKHLAK sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Kita mempunyai kesempatan dan peluang yang sangat besar untuk mewujudkan hal tersebut (budaya kerja produktif) Bapak/Ibu sekalian, hal itu sudah mulai dibuktikan dengan realisasi anggaran per Februari kemarin yang lebih baik," jelasnya.

Baca juga : Pemindahan ASN ke IKN Dimatangkan, Kementerian PANRB Paparkan Tiga Skema

Yusharto mengatakan, ASN berperan penting dalam menjalankan organisasi pemerintahan. Menurutnya, peran tersebut tak hanya sebagai perencana kebijakan, tetapi juga sebagai penentu terwujudnya tujuan organisasi. Dengan demikian, Yusharto berharap setiap ASN di lingkungan BSKDN dapat terus meningkatkan kapasitasnya agar lebih kuat, unggul, dan cerdas, sehingga menghasilkan rumusan rekomendasi kebijakan yang berbasis data dan sains.

"Dalam kesempatan ini, kami mengajak Bapak/Ibu untuk berkreasi menciptakan inovasi guna mengatasi masalah tugas dan fungsi (tusi) serta meningkatkan kinerja demi terwujudnya BSKDN yang lebih maju,"  tuturnya.

Baca juga : Dukung Penguatan Pembangunan Nasional, Pemerintah Tetapkan 25.258 Formasi CASN Kemhan

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Asisten Deputi Penguatan Budaya Kerja Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Damayani Tyastianti berharap, setiap ASN dapat terus berpikir bahwa keberlangsungannya sebagai aparatur negara ditentukan oleh hasil kerja dan perilaku masing-masing. Dengan demikian, ASN diharapkan dapat memberikan kerja dan perilaku terbaiknya.*

Artikel Terkait
Simak! Mendagri Bicara Soal Netralitas ASN dalam Pilkada 2024
Pemindahan ASN ke IKN Dimatangkan, Kementerian PANRB Paparkan Tiga Skema
Dukung Penguatan Pembangunan Nasional, Pemerintah Tetapkan 25.258 Formasi CASN Kemhan
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id