INDONEWS.ID

  • Selasa, 28/02/2023 21:09 WIB
  • Kabasarnas: Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa

  • Oleh :
    • luska
Kabasarnas: Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa

Jakarta, INDONEWS.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 di lapangan Kantor Pusat Basarnas, Jl Angkasa Blok B Kav. 2-3 Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2023) pagi.

Dalam sambutan, Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi menegaskan bahwa tema HUT tahun ini adalah Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa. 

Baca juga : Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI

“Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa merepresentasikan semangat kita, tekat kita, untuk memberikan pelayanan SAR yang terbaik kepada masyarakat,” katanya. 

Kabasarnas berharap, ke depan Basarnas terus berupaya meningkatkan kapabilitasnya. Diantaranya, melalui  peningkatkan kemampuan sumber daya manusia dengan pelatihan dan pengembangan yang lebih intensif. memperkuat kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti kementerian/ lembaga, TNI, Polri, organisasi masyarakat, dan organisasi internasional. Mengembangkan dan memperkuat infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi. Dan, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemberian layanan  SAR agar proses penyelamatan insan manusia berhasil sesuai yang diharapkan.

Baca juga : HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

Kabasarnas juga berbagai penghargaan yang diperoleh Basarnas terkait tata kelola pemerintahan dari aspek pengelolaan pegawai, aspek keuangan, aspek pelayanan publik, dan lainnya dari kementerian PAN-RB, Kementerian Keuangan, BKN, KASN, dan instansi pemerintah yang berwenang memberikan penilaian. Tidak hanya itu, Basarnas juga mendapat penghargaan dari ACT Consulting International yang masuk 3 besar sebagai lembaga dengan indeks implementasi harmonis dan masuk 10 besar lembaga dengan indeks implementasi BerAKHLAK.

Sementara di level dunia internasional, Basarnas juga berperan aktif pada forum International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG) yang berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Basarnas juga yang menginisiasi terbentuknya tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) yang telah bersertifikat medium class Urban SAR (USAR). Tim INASAR telah melaksanakan perbantuan ke Turkiye yang dilanda gempa bumi dengan korban mencapai puluhan ribu orang. 

Baca juga : Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`

“Kepada seluruh tim INASAR, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi saudara-saudara sekalian dalam menjalankan tugas kemanusiaan di negara asing. Selanjutnya, saya berpesan agar tim INASAR terus meningkatkan kompetensinya dan kelak dapat di tingkatkan kemampuannya ke tingkat heavy class, sehingga INASAR dapat disejajarkan dengan negara-negara besar di dunia lainnya,” ungkapnya. 
Sebelum mengakhiri sambutannya, Kabasarnas juga berpesan kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas untuk terus belajar dengan mengevaluasi seluruh aspek dan meningkatkan kinerjanya. 

Yang pertama, mengubah pola pikir dan budaya kerja, tingkatkan kompetensi, kreativitas dan inovasi di segala aspek pekerjaan serta mengikuti informasi dan teknologi yang terus berkembang. 

“Yang kedua, tantangan di masa depan semakin berat, perubahan begitu cepat, permasalahan semakin kompleks, sulit diprediksi dan tidak menentu. Oleh karenanya saya berharap agar saudara-saudara terus meningkatkan pengetahuan, berinovasi, kembangkan ide, cepat tanggap terhadap perubahan dan tidak cepat berpuas diri,” tegasnya.

Yang ketiga, terus berupaya untuk meningkatkan kinerja organisasi agar semakin baik dan membawa dampak perubahan yang positif, sehingga dirasakan oleh masyarakat khususnya penerima jasa pencarian dan pertolongan.

Dan yang keempat, bekerjalah dengan sigap dan ikhlas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan berkolaborasi dengan seluruh pihak-pihak terkait, termasuk di dalamnya Potensi SAR. (Lka)

 

Artikel Terkait
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`
Artikel Terkini
Satgas Yonif 742/SWY Perkenalkan Ecobrick Kepada Para Murid Di Perbatasan RI- RDTL
The International Awards 2024, Pj Bupati Maybrat Dapat Penghargaan dari Seven Media Asia
Pj Sekretaris Daerah kabupaten Maybrat Turut Kunjungi Kampung Ayata dan Aisa
Gunungapi Ibu AWAS, Desa Sangaji Nyeku Diminta Dikosongkan
Anak-Anak PAUD Belajar Simulasi Cap Paspor di PLBN Entikong
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas