INDONEWS.ID

  • Selasa, 14/03/2023 14:18 WIB
  • Terima Penghargaan, Pj Bupati Maybrat: Ini Dukungan Pemda untuk Layanan Kesehatan Masyarakat

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Terima Penghargaan, Pj Bupati Maybrat: Ini Dukungan Pemda untuk Layanan Kesehatan Masyarakat
Mendagri Tito Karnavian dan Pj Bupati Maybrat Bernard Rondonuwu.foto:jinny.

Jakarta, INDONEWS.ID - 335 Kabupaten/Kota terima penghargaan UHC (Uneversal Health Coverage) atau pelayanan kesehatan masyarakat dari Mendagri. Salah satu Kabupaten yang menerima penghargaan tersebut, Kabupaten Maybrat, Sorong, Papua Barat, yang diterima Pj Bupati Bernard Rondonuwu, di Jakarta.

Bernard mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah daerah dengan masyarakat, dan kami bisa merasakan kolaborasi antar OPD, pemda, dan masyarakat sehingga kita bisa mendapat penghargaan seperti ini.

Baca juga : Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

"Tujuan penghargaan ini merupakan dukungan nyata pemerintah daerah menjamin pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Saya sudah berusaha, menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat, dan ini merupakan tindakan nyata atas jaminan tersebut", paparnya usai menerima penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian.

Menurutnya, nanti kita akan berusaha memberikan puskesmas rujukan bagi masyarakat, lalu rumahsakit pratama juga akan kita tetapkan sebagai rumahsakit rujukan. Tapi hal itu, perlu ditunjang dengan melengkapi dokter umum di setiap puskesmas dan dokter spesilis di rumahsakit pratama.

Baca juga : Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Diakui, Maybrat masih kekurangan dokter umum dan dokter spesialis, tahun ini Pemda Maybrat  akan berusaha memenuhi itu, dengan dukungan anggaran yang tersedia. Agar meningkatkan pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Dikatakan, penghargaan ini bukti keberpihakan pemda terhadap kesehatan masyarakat, karena itu dirinya berterimakasih pada Kepala BPJS Maybrat yang sudah jemput bola dan mau turun sampai ke puskesmas. 

Baca juga : Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024

"Sebelumnya masyarakat kurang percaya dengan BPJS, saya hubungi Kepala BPJS dia langsung menemui warga. Akhirnya sekarang masyarakat percaya dengan BPJS", ungkapnya.

Terkait kesehatan masyarakat, Bernard berjanji akan meminta Dinas Kesehatan turun ke masyarakat tak hanya menunggu di Puskesmas. "Memang ada saran, agar kita melakukan pelayanan mobile dan memang di Maybrat masih ada puskesmas yang kekurangan dokter", kilahnya menambahkan.

Maybrat memiliki 24 Distrik (Kecamatan) dan puskesmas yang dimiliki baru 19 puskesmas, menurutnya, beberapa distrik belum memiliki puskesmas karena infrastruktur di distrik tersebut belum dibangun. Saat ini pembangunan jalan tengah dikerjakan, karena agak sulit mengangkut material bila jalannya belum ada.

Guna mengantisipasi kendala tersebut, Pj Bupati meminta masyarakat untuk sementara mendatangi puskesmas terdekat. Semoga dalam waktu tak terlalu lama, puskesmas akan berdiri di distrik yang belum memiliki puskesmas. Dan berharap masyarakat yang masih berbeda ideologi dengan kita mau bergabung dengan NKRI lewat pelayanan kesehatan.

Dengan diterimanya penghargaan UHC, ia berharap, masyarakat Maybrat jangan ragu-ragu dengan pelayanan kesehatan, pemerintah sudah meng-cover pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Maybrat. Tujuan utamanya adalah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan seperti yang kita inginkan. Ia pun berpesan pada masyarakat, datanglah ke puskesmas, datanglah ke rumahsakit, karena pelayanan kesehatan sudah dijamin pemerintah.rio.

Artikel Terkait
Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Artikel Terkini
Menteri PANRB Minta Instansi Pemerintah Segera Rampungkan Rincian Formasi ASN 2024
Seleksi CASN 2024 Segera Dimulai, Pemerintah Penuhi Formasi Talenta Digital
TB dan "Airborne Infections Defense Platform" di Serang
Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Kedubes Kanada Perkuat Kerjasama Penanganan Permasalahan Perubahan Iklim
Menteri PANRB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Mulai Mei, CASN Digelar Juni
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas