INDONEWS.ID

  • Jum'at, 21/04/2023 18:53 WIB
  • Tim Pantauan BPNB di Wilayah Jakarta, Pemudik Patuh Protokol Kesehatan Covid-19

  • Oleh :
    • very
Tim Pantauan BPNB di Wilayah Jakarta, Pemudik Patuh Protokol Kesehatan Covid-19
Vaksinasi di saat mudik Lebaran 2023. (Foto: Humas BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pemantauan arus mudik di wilayah Jakarta selama tiga hari jelang Idulfitri 2023. Pemantauan mudik berlangsung sejak 19 April 2023 hingga 21 April 2023.

Seperti dikutip dari siaran pers Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D., lokasi yang dipantau adalah pintu keluar masuk kendaraan yang ada di Jakarta, antara lain Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir yang merupakan titik keberangkatan pemudik yang akan menggunakan kereta.

Baca juga : Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila

“Tim BNPB bergabung dengan posko terpadu yang berisikan perwakilan kementerian dan lembaga terkait dan TNI/Polri. Dari hasil pemantauan, para pemudik masih patuh dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19. Kondisi ini terlihat pada kedisiplinan penggunaan masker di ruang publik,” ujarnya.

Sementara itu, imbauan dari tim terpadu juga terus digaungkan, utamanya menggunakan masker dan kepada calon penumpang berusia di atas 18 tahun diwajibkan sudah vaksin booster pertama. Jika belum, maka calon penumpang yang ada di Stasiun Pasar Senin dapat melakukan booster di centra vaksinasi yang tersedia di Stasiun Pasar Senin.

Baca juga : HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

“Di samping itu, mobil ambulans disediakan untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang memerlukan penanganan medis,” katanya.

Selanjutnya Tim BNPB juga melakukan pemantauan di terminal bus Pulo Gebang, Kampung Rambutan dan Lebak Bulus. Tidak jauh berbeda dengan pemantauan di stasiun, di terminal bus tim BNPB juga bergabung dengan posko terpadu yang sudah ada.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Pemda Perhatikan Pelayanan Kesehatan Primer

“Hasil pemantaun di setiap terminal bus terdapat posko kesehatan dan para petugas senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker,” ujarnya.

BNPB juga menerjunkan tim di Pelabuhan Tanjung Priok, di sini calon penumpang yang akan menaiki kapal wajib menyertakan bukti vaksin booster kedua dan imbauan penggunaan masker bagi penumpang yang berada di area kapal.

Tempat terakhir ialah Bandara Halim Perdanakusuma, hasil pengamatan di tempat ini, protokol kesehatannya masih diterapkan dengan sangat baik, hal ini sejalan dengan peraturan penerbangan yang masih mewajibkan setiap penumpang menggunakan masker.

Selain melakukan pemantauan arus mudik, BNPB juga akan kembali melakukan pemantuan di pintu-pintu masuk di Jakarta pada arus balik pekan depan. ***

Artikel Terkait
Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Pemda Perhatikan Pelayanan Kesehatan Primer
Artikel Terkini
Dewan Pakar BPIP: Akademisi Bisa Buka Wacana Keselarasan Sistem Pilpres dengan Sila ke-4 Pancasila
Baznas RI Berikan Penghargaan Kepada Bupati Tanah Datar
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Aksara Bricks, Cluster Gaya Eropa di Pasar Minggu
Ancaman Propaganda Pro-Khilafah: Dari Kajian Tertutup Hingga Pop-Culture
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas