INDONEWS.ID

  • Kamis, 18/05/2023 15:01 WIB
  • Indonesia jadi Guest of Honor, Pameran Perdagangan di Fuzhou-Fujian

  • Oleh :
    • luska
Indonesia jadi Guest of Honor, Pameran Perdagangan di Fuzhou-Fujian

Fuzhou, INDONEWS.ID - Kamis, 18 Mei 2023, atas undangan dari Pemerintah Kota Fuzhou, KBRI Beijing dengan dukungan dari Atase Perdagangan, ITPC Shanghai, KJRI Guabgzhou dan Bank Mandiri Shanghai telah berpartipasi dalam pameran the Sixth 21st Century Maritime Silk Road Exposition & the 25th Cross Strait Fair for Economy and Trade (CFET) sebagai Guest of Honor. 

Sebagai salah satu pameran dagang besar di pesisir tenggara Tiongkok, kegiatan berlangsung di Fuzhou Strait International Conference and Exhibition Center, dari tanggal 18 - 22 Mei 2023.

Baca juga : KBRI Beijing Gencar Promosi Ekspor Produk Perikanan dan Kerjasama Ekonomi Digital di Kota Fuzhou, Fujian

Pada partisipasi kali ini, Indonesia menjadi Guest of Honor CFET dengan luas pavilion sebesar 900-an meter persegi yang disediakan Pemerintah Kota Fuzhou. KBRI menghadirkan 31 perusahaan yang memamerkan produk-produk ekspor makanan dan 
minuman dan produk unggulan Indonesia lainnya di Tiongkok, seperti sarang burung walet, kopi, kerupuk ikan, tempeh, keripik singkong, gula merah, gaharu, spices, minyak kelapa, perhiasan, batik dan lainnya. 

Selain pavilion yang menampilkan produk-produk unggulan Indonesia, juga terdapat pavilion yang menampilkan perkembangan Two Countries and Twin Parks, yang menjadi salah satu kerja sama penting antara Indonesia dengan Provinsi Fujian. 
Dalam pembukaan paviliun Indonesia, Dubes RI Beijing sampaikan Provinsi Fujian memiliki 
kedekatan sejarah dan hubungan antara masyarakat yang erat dengan Indonesia. Kehadiran Paviliun Indonesia dalam salah satu pameran perdagangan terbesar di Fujian ini, menjadi kesempatan untuk memperkenalkan produk ekspor unggulan RI seperti produk makanan dan minuman kepada publik di Kota Fuzhou. 

Pimpinan Kota Fuzhou, Mr. Wu Yi mengapresi partisipasi Indonesia sebagai Guest of Honor 
dalam pameran ini yang diharapkan dapat meningkatkan hubungan perdagangan dan 
investasi antara Fuzhou, Provinsi Fujian dengan Indonesia. 

Masyarakat kota Fuzhou juga mendapatkan kesempatan melihat langsung dan melakukan 
tasting berbagai produk Indonesia yang ditampilkan. 

Selain menampilkan produk ekspor unggulan, pavilion Indonesia juga hadir dengan promosi 
pariwisata dan budaya Indonesia. Dalam acara pembukaan pavilion, penampilan tarian Betawi ‘Nyai’, Gemufamire, Rasa Sayang yang ditampilkan oleh Sanggar Tari Yingde disambut meriah oleh pengunjung pavilion, yang juga diajak untuk menari bersama. 

Dalam kesempatan pameran CFET ini, Dubes RI Beijing bersama Pimpinan Provinsi Fujian, Ms. Guo Ningning tampil dalam forum 2023 RCEP Economic and Trade Innovation, Cooperation and Development Forum & Dialogue for Openess and Development of China-Indonesia “Two Countries, Twin Parks”dengan menyampaikan sambutan kunci. 

Pokok-pokok yang dibahas antara lain terkait perkembangan kemitraan strategis komprehensif RI-RRT, pemanfaatan RCEP dan kesuksesan proyek kerja sama Indonesia dengan Provinsi Fujian melalui proyek Two Countries, Twin Parks, yang telah disinergikan dalam 4 kawasan industri yaitu Yuanhong Investment Zone di Tiongkok dan Kawasan Industri Bintan, Kawasan Industri Aviarna dan Kawasan Industri Batang di Indonesia.
Dengan berbagai aktifitas diatas diharapkan akan berkontribusi signifikan pada pertumbuhan 
perdagangan dan investasi Indonesia dan Tiongkok, khususnya dengan Provinsi Fujian dan Kota Fuzhou. 

Di triwulan 1 - 2023 menurut data Bea Cukai RRT volume perdagangan RI-RRT meningkat 10.76 persen dibanding periode yg sama tahun 2022, yaitu mencapai USD 36,32 milyar, dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD 2,94 milyar. Sementara data BKPM menyebutkan bahwa selama triwulan 1 - 2023, investasi Tiongkok ke Indonesia mencapai 
USD1.2 milyar atau sekitar 10.1 persen dari total FDI Indonesia di periode tersebut. (Lka)

Artikel Terkait
KBRI Beijing Gencar Promosi Ekspor Produk Perikanan dan Kerjasama Ekonomi Digital di Kota Fuzhou, Fujian
Artikel Terkini
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas