INDONEWS.ID

  • Minggu, 04/06/2023 15:31 WIB
  • PAN Kukuh Jagokan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
PAN Kukuh Jagokan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, mengungkapkan partainya memiliki opsi kandidat bakal calon presiden (capres), yakni Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Siapapun capresnya, kata Yandri, PAN ingin mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Baca juga : Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat

Selain opsi tadi, Yandri menyebut gagasan menduetkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas juga masih hidup sebagai opsi. Ia menyebut usulan ini juga masih kuat di internal partai.

“Tetap (ada usulan Airlangga-Zulhas). Nah, kalau Ganjar sama Prabowo, kita dorong Erick Thohir sebagai cawapres,” kata Yandri, seperti dikutip Tempo, Sabtu, 3 Juni 2023.

Baca juga : Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama

Dalam persamuhan antara PDIP dan PAN pada Jumat, 2 Juni 2023, Yandri menyebut pihaknya sempat menyinggung usulan Erick Thohir sebagai cawapres. Dia mengatakan PDIP terbuka untuk menindaklanjuti usulan tersebut.

Kendati demikian, Yandri menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri punya hak prerogatif menentukan cawapres. Sehingga, kata dia, pertemuan lanjutan antara PAN dengan PDIP perlu kembali digelar.

Baca juga : Kemendagri Dorong Konsistensi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan Pemerintah Daerah

“Ya tadi saya ikut pertemuan terbatas tadi. Intinya terbuka untuk ditindaklanjuti. Makanya perlu ada pertemuan tim berikutnya. Walaupun kata Bu Mega tadi itu hak prerogatif beliau untuk menentukan siapa cawapres Mas Ganjar,” kata Yandri.

Sementara Ganjar yang diusung sebagai capres dari PDIP, PPP dan Hanura, enggan menjawab secara eksplisit mengenai kesediaannya bersama Erick. Menurut dia, penunjukan sosok cawapres mesti melalui proses diskusi sebelum menemukan kecocokan.

“Kita tinggal duduk bersama sambil ngopi. Bicara lebih panjang tentang negeri ini. Dan di antara mereka, pasti ada kecocokan. Kata Ibu Mega kan tidak banyak, pasti hanya satu. Maka kita mesti bicara,” kata Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Jauh sebelum mengusulkan nama Erick sebagai cawapres saat bertemu PDIP, PAN ternyata memang sudah lama menyiratkan keinginannya agar Ganjar dapat berpasangan dengan Erick.

Berdasarkan catatan Tempo, Ahad, 26 Februari 2023, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyiratkan keinginan partainya menjodohkan Ganjar dengan Erick. Keinginan itu disampaikan Zulhas dengan membacakan sebuah pantun pada pidato sambutan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Ahad, 26 Februari 2023.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insyaallah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas yang disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader yang menghadiri Rakornas. Rakornas PAN itu dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ganjar dan Erick.

Sebelumnya, Zulhas mengakui kedekatannya dengan Erick. “Pak Erick, ya, saya kan sama Pak Erick terus emang. Memang hari-hari sama saya terus,” kata Zulhas saat ditemui di Komplek Gedung DPR dan MPR RI, Jakarta pada Ahad, 29 Januari 2023.

Sinyal PAN ingin memasangkan Ganjar dengan Erick juga sempat disampaikan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Eddy mengatakan Ganjar dan Erick merupakan duet lengkap dan tepat dalam kontestasi Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, Ganjar dan Erick merepresentasikan kelompok pemilih Jawa dan luar Jawa. “Jangan lupa, mereka ini perpaduan yang pas, yakni Jawa dan Sumatera,” kata Eddy seperti dikutip Tempo, Ahad, 26 Februari 2023.*

Artikel Terkait
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Waspadai Pihak-Pihak yang Benturkan Konsep Negara Pancasila dengan Agama
Kemendagri Dorong Konsistensi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan Pemerintah Daerah
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas