INDONEWS.ID

  • Minggu, 04/06/2023 20:48 WIB
  • Muluskan Pembentukan Tiga Subholding, PTPN III Andalkan BUMN Muda Perkebunan

  • Oleh :
    • very
Muluskan Pembentukan Tiga Subholding, PTPN III Andalkan BUMN Muda Perkebunan
Kelapa Sawit. (Foto: Detikcom)

Jakarta, INDONEWS.ID - Holding BUMN Perkebunan, PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III mengandalkan generasi mudanya untuk memuluskan rencana pembentukan tiga subholding-nya yakni PalmCo, SugarCo, dan SupportingCo.

Ketua Sektor BUMN Muda Perkebunan Benny Wijaya mengatakan bahwa BUMN Muda Perkebunan secara prinsip mendukung transformasi yang dilakukan oleh Board of Management di PTPN Group, termasuk pembentukan subholding PalmCo, SugarCo, dan SupportingCo.

Baca juga : Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan

"Kehadiran BUMN Muda Perkebunan bertujuan memberikan nilai tambah bagi kepentingan perusahaan. Oleh karena itu, kita semua harus memahami BUMN Muda Perkebunan memiliki posisi yang sangat penting dalam menciptakan Brand Awareness dan Brand Positioning di mata para pemangku kepentingan," ujarnya dalam keterangan, Senin (29/5/2023).

Benny mengatakan pentingnya memahami kondisi PTPN yang saat ini membutuhkan penyesuaian dan perubahan, baik dari sisi organisasi struktural korporasi, maupun organisasi kepemudaan.

Baca juga : Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan

Benny mengatakan, pembentukan subholding PalmCo, SugarCo, dan SupportingCo menjadi langkah penting bagi PTPN Group dan seluruh industri perkebunan khususnya dalam skala nasional menuju persaingan global. 

Hal ini, katanya, menunjukkan komitmen seluruh jajaran perusahaan untuk terus beradaptasi sesuai dengan perubahan dan menerapkan praktik berkelanjutan.

Baca juga : Bertemu Menteri Perdagangan Inggris, Menko Airlangga Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan

“Keterlibatan BUMN Muda Perkebunan dalam proses transformasi ini menunjukkan dedikasi para Planters Muda PTPN Group dalam mendorong inovasi dan berkontribusi pada kemajuan perusahaan dalam mewujudkan cita-cita yang bermanfaat lingkup nasional,” ujar Benny seperti dikutip Bisnis.com.

Sesuai rencana, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, VI dan XIII akan bergabung ke dalam PTPN IV atau nantinya dikenal sebagai Sub Holding PalmCo.  

Kemudian dalam transaksi kedua, PTPN IV juga akan menerima penggabungan dari beberapa anak usaha PT Perkebunan Nusantara lainnya. Beberapa PTPN yang dilebur ke dalam PTPN IV adalah PTPN V, PTPN VI, dan PTPN VIII yang menjadi SugarCo.

Sementara itu, PTPN I yang akan menjadi surviving entity dalam penggabungan PTPN II, PTPN VII, PTPN VIII, PTPN IX, PTPN X, PTPN XI, PTPN XII, dan PTPN XIV akan menjadi Supporting Co. 

Entitas ini akan fokus dalam pengelolaan perkebunan selain komoditas sawit serta inkubasi bisnis baru seperti pengelolaan aset dan green industry.  

Penggabungan diharapkan dapat mengakselerasi pengembangan energi terbarukan melalui produksi biofuel, sehingga berdampak pada pengurangan impor energi dan dekarbonisasi.

PTPN IV merupakan anak usaha Holding PTPN III (Persero) yang 10 persen sahamnya dimiliki oleh pemerintah melalui Kementerian BUMN. ***

Artikel Terkait
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Bertemu Menteri Perdagangan Inggris, Menko Airlangga Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas