INDONEWS.ID

  • Kamis, 15/06/2023 20:28 WIB
  • Wamendagri Harap Jajaran OPD Bantu Percepat Pembangunan Provinsi Papua Pegunungan

  • Oleh :
    • luska
Wamendagri Harap Jajaran OPD Bantu Percepat Pembangunan Provinsi Papua Pegunungan

Wamena, INDONEWS.ID - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo berharap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan dapat membantu melakukan percepatan pembangunan pemerintahan, terutama di masa transisi. Para OPD diharapkan terus mempersiapkan segala aspek yang dibutuhkan sebelum hadirnya gubernur definitif pada 2024 mendatang.

Harapan tersebut disampaikan Wempi pada sesi diskusi Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota Komisi II DPR RI dan Wakil Menteri Dalam Negeri di Provinsi Papua Pegunungan yang berlangsung di Gedung Aithosa, Wamena, Jayawijaya, Kamis (15/6/2023). Acara ini diikuti jajaran kepala daerah se-Provinsi Papua Pegunungan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah tokoh masyarakat.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Penerapan SPBE Semudah Aplikasikan WhatsApp

Dalam kesempatan yang sama, Wempi menekankan agar Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan dapat mengoptimalkan realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023. Hal itu, kata dia, sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang mengimbau daerah dapat mempercepat realisasi APBD.

“Kami dari Kementerian Dalam Negeri mengharapkan komitmen dan kerja keras Pj. Gubernur Papua Pegunungan untuk segera merealisasikan anggaran dengan belanja yang terukur sesuai yang diamanatkan,” ujar Wempi.

Baca juga : Atasi Kelangkaan Pangan Akibat El Nino, Diversifikasi Pangan Perlu Didorong

Wempi menambahkan, para OPD Provinsi Papua Pegunungan yang telah terbentuk dapat bekerja lebih cepat dan maksimal. Bila perlu, jajaran OPD diminta melakukan terobosan demi optimalnya proses pembangunan pemerintahan di Provinsi Papua Pegunungan. Hal ini dinilai penting untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dengan daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wempi mengapresiasi masyarakat di Wamena, khususnya Distrik Walesi dan Wouma yang telah menyambut baik kunjungan kerja dari Komisi II DPR RI, Kemendagri, dan pemerintah terkait. Selain itu, penghargaan yang tulus juga diberikan kepada masyarakat tersebut karena bersedia menghibahkan lahan untuk pusat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Bentuk Tim P3DN

“Kalau tadi tiba di bandara dengan antusias rakyat menerima, menyambut kami itu artinya masyarakat menginginkan pembangunan dapat dinikmati oleh rakyat di wilayah Papua Pegunungan,” tambah Wempi.

Di akhir sambutannya, Wempi mengapresiasi kesediaan Komisi II DPR RI yang melakukan kunjungan di Provinsi Papua Pegunungan. Pihaknya berharap, seusai kunjungan tersebut Komisi II DPR RI dapat memperkuat sinergi dengan Kemendagri untuk terus mendukung pembangunan di 4 Daerah Otonom Baru (DOB) Papua, termasuk salah satunya Provinsi Papua Pegunungan.

“Mudah-mudahan dengan ini kita kolaborasi bersama untuk mengawal proses percepatan pembangunan empat DOB yang telah kita kerjakan bersama. Sehingga hasilnya benar-benar dirasakan masyarakat,” tandas Wempi.(Lka)

 

Artikel Terkait
Sekjen Kemendagri Dorong Penerapan SPBE Semudah Aplikasikan WhatsApp
Atasi Kelangkaan Pangan Akibat El Nino, Diversifikasi Pangan Perlu Didorong
Sekjen Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Bentuk Tim P3DN
Artikel Terkini
Nilai Ekspor Sumsel Maret 2024 Naik 12,94 Persen
Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Lakukan Upaya Kembalikan Status Sandara SMB II Palembang Menjadi Bandara Internasional
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas