INDONEWS.ID

  • Jum'at, 07/07/2023 07:04 WIB
  • Sekjen Kemendagri Harap Forum JIM Terus Dukung dan Percepat Penyelesaian Batas Maritim RI-Malaysia

  • Oleh :
    • luska
Sekjen Kemendagri Harap Forum JIM Terus Dukung dan Percepat Penyelesaian Batas Maritim RI-Malaysia

Jakarta, INDONEWS.ID  - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro berharap forum Joint Indonesia-Malaysia (JIM) dapat terus mendukung dan mempercepat penyelesaian batas maritim Indonesia dengan Malaysia. Apalagi upaya tersebut diketahui juga terus mengalami perkembangan seiring kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malaysia pada 7 hingga 8 Juni 2023 lalu.

Demikian disampaikan Suhajar pada acara Rapat Koordinasi Kegiatan Panitia Nasional Survei dan Penegasan Batas Internasional RI-Malaysia Tahun Anggaran 2023/2024 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Baca juga : Ditjen Bina Adwil Gelar Rapat Harmonisasi Kebijakan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan

Suhajar yang juga merupakan Ketua Panitia Nasional Survei dan Penegasan Batas Internasional antara Indonesia-Malaysia mengatakan, pihaknya berharap digelarnya rapat koordinasi tersebut mampu memperkuat sinergisitas kementerian/lembaga dalam pengelolaan dan pembangunan batas wilayah negara serta kawasan perbatasan negara. Selain itu, diharapkan pula upaya itu mampu menuntaskan berbagai hambatan internal baik dalam sinkronisasi pelaksanaan kegiatan di kementerian/lembaga terkait. Hambatan itu utamanya berkaitan dengan kesiapan dukungan anggaran yang perlu diprioritaskan dalam perencanaan.

“Untuk itu menjadi penting bagi kita bersama untuk terus menyelaraskan langkah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan dalam penegasan batas negara khususnya RI-Malaysia akibat ketidaksiapan kita dalam mengatasi kendala internal maupun eksternal,” ujar Suhajar.

Baca juga : Kemendagri Apresiasi Deklarasi Akses Pemilu Ramah Disabilitas

Di samping itu, Suhajar juga berharap melalui pertemuan tersebut berbagai pihak dapat saling memperkuat konsolidasi antarpejabat yang memiliki peran dan tugas mengenai kegiatan pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan negara. Dengan begitu, meskipun terjadi pergantian pejabat pada satuan tugas, baik yang bekerja di lapangan maupun meja perundingan, dapat terus didukung guna mewujudkan visi-misi untuk memperkuat kedaulatan NKRI.

“Terakhir, kami ingin menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua tim yang bekerja di lapangan hingga tim yang bekerja di meja perundingan yang menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan negara. Saya mendoakan kita semua terus bersemangat dan menjaga dedikasi dalam menjaga wilayah perbatasan,” tandasnya.

Baca juga : BSKDN Kemendagri akan Ukur Kinerja Kepemimpinan Kepala Daerah Berbasis Indeks

 

Artikel Terkait
Ditjen Bina Adwil Gelar Rapat Harmonisasi Kebijakan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan
Kemendagri Apresiasi Deklarasi Akses Pemilu Ramah Disabilitas
BSKDN Kemendagri akan Ukur Kinerja Kepemimpinan Kepala Daerah Berbasis Indeks
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas