INDONEWS.ID

  • Senin, 10/07/2023 13:50 WIB
  • Basarnas Bangun Hanggar di Pondok Cabe

  • Oleh :
    • luska
Basarnas Bangun Hanggar di Pondok Cabe

Jakarta, INDONEWS.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) membangun hanggar di Pondok Cabe, Tangeran Selatan, Senin (10/7/2023).

Pembangunan prasarana yang berfungsi untuk perawatan dan pemeliharaan sarana atau peralatan utama (alut) udara tersebut ditandai dengan pemasangan tiang pancang oleh Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi secara simbolis. 

Baca juga : Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI

“Basarnas memiliki banyak alut udara, karena itu membutuhkan maintenance facility untuk perawatan dan pemeliharaan,” katanya. 
Dijelaskan, pembangunan hanggar tersebut terlaksana dengan menggandeng mitra dari PT Proximus.

“Basarnas memiliki tanah, namun tidak memiliki anggaran untuk pembangunannya. Karena itu, kami menjalin kemitraan sehingga pembangunan hanggar ini dapat terealisasi. Dengan demikian, kami dapat memanfaatkan asset tanah yang kami miliki dan orientasi kami dengan adanya hangar ini dapat memudahkan perawatan maupun pemeliharaan alut udara, khususnya helikopter-helikopter Basarnas,” terangnya. 

Baca juga : HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas

Seremoni pemasangan tiang pancang tersebut dihadiri oleh sejumlah undangan, diantaranya dari Puspenerbad, Puspenerbal, dan Polairud.

Seperti diketahui, sesuai amanah Undang-undang Nomer 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, tugas dan fungsi Basarnas adalah menyelenggaraan operasi SAR pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana, dan kondisi membahayakan manusia. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Basarnas didukung berbagai alut, salah satunya helikopter SAR. Helikopter tersebut membutuhkan hanggar untuk perawatan dan pemeliharaan yang lebih spesifik. 

Baca juga : Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`

“Dengan berdirinya hanggar ini kami berharap, dapat memudahkan perawatan maupun pemeliharaan alut udara, khususnya helikopter-helikopter yang dimiliki Basarnas sehingga kondisi alut tersebut selalu dalam keadaan siap dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat. Dengan demikian, Basarnas dapat lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat sesuai motto kami : Quick Response of Search and Rescue,” pungkasnya. (Lka)

Artikel Terkait
Basarnas Lakukan Penandatangan Loca dengan Pusat Informasi Aeronautika Perum LPPNPI
HUT Basarnas ke 52, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas
Merit Sistem Basarnas `Sangat Baik`
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas