INDONEWS.ID

  • Selasa, 01/08/2023 07:16 WIB
  • Pembukaan MTQ Kecamatan Lintau Buo oleh Bupati Tanah Datar Berlangsung Meriah

  • Oleh :
    • luska
Pembukaan MTQ Kecamatan Lintau Buo oleh Bupati Tanah Datar Berlangsung Meriah

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Prosesi Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 5 Tingkat Kecamatan Lintau Buo berlangsung meriah 

Kemerihan itu terlihat waktu Pembukaan MTQ tersebut dibuka Bupati Tanah Datar berbagai atraksi  diperagaan untuk menyemarakan pembukaan yang dilaksanakan di  halaman Masjid Al Kubra Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Senen (31/7/2023).

Baca juga : Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan

Pembukaan MTQ tersebut  disamping diikuti perwakilan kafilaĥ masing masing nagari juga dihadiri Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M Shadiq Pasadigoe, Bupati Tanah Datar Sisa Masa Jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, Camat beserta Forkopimca, Wali Nagari se kecamatan Lintau Buo, tokoh masyarakat dan perantau serta undangan

Ketua Panitia  MTQ Asril menyampaikan  terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga terlaksana kegiatan MTQ Nasional Tingkat Kecamatan Lintau Buo di Nagari Pangian. Dengan tema "Mari kita gerakan generasi qurani yang berprestasi serta berakhlak islami".

Baca juga : Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang

"MTQ Nasional ini akan dilaksanakan 31 Juli dan  1 Agustus 2023 dengan 5 Cabang Lomba tersebar di mushalla dan masjid di Nagari Pangian. Tentunya acara ini tidak bisa berjalan baik dan sukses tanpa dukungan kita semua, karena itu izinkan Saya menyampaikan terima Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Tanah Datar yang diwakili Yusmarli menyampaikan dukungan terhadap berbagai program pembangunan, terutama program di bidang keagamaan.

"Kita melihat betapa pak Bupati sangat perhatian terhadap berbagai kegiatan keagamaan di Tanah Datar, salah satunya melahirkan Program Satu Rumah Satu Hafizh/hafizhah, dan kami dari Kemenag Tanah Datar akan terus mendukung program ini, termasuk MTQ Nasional Tingkat Kecamatan,"

Baca juga : Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Melalui ajang MTQ Nasional tingkat kecamatan ini akan menjadi bibit untuk kafilah MTQ Nasional Tanah Datar dalam menyongsong MTQ Nasional Tingkat Provinsi nantinya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengakui MTQ  bukan hanya sebagai ajang perlombaan saja, namun juga menjadi motivasi dan penyemangat generasi muda untuk mempelajari dan mencintai Al Qur'an.

"Melalui ajang MTQ  bukan saja sebagai ajang perlombaan, namun bisa dijadikan sebagai pendorong dan motivasi bagi anak-anak generasi muda kita untuk belajar menghafal dan memahami Al Qur'an, sehingga bisa menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga sejalan dengan program Satu Rumah Satu Hafizh/hafizah yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah,"

Saat ini di Tanah Datar sudah ada 309 rumah tahfiz yang memiliki izin dan masih ada yang baru membangun, sebanyak 14.300 anak-anak penghafal Al Qur'an, dan ini akan terus meningkat.

Program tahfizh ini tidak hanya berlaku untuk generasi muda saja, tetapi juga untuk orang tua. "Mari kita sama-sama mengaji dan menghafal Al Qur'an, baik di mushalla, di pondok maupun di rumah kita masing-masing, karena itulah bekal kita untuk di dunia dan akhirat nantinya," ajaknya.

Bupati  juga berharap, melalui MTQ Nasional ini akan lahir bibit kafilah potensial yang nantinya akan mengharumkan nama Tanah Datar di tingkat provinsi bahkan nasional. 

"Kontingen MTQ Nasional kabupaten Tanah Datar mampu menjadi juara umum pada MTQ Nasional Ke 38 di Kota Solok yang lalu, tentunya prestasi ini Saya harap dapat kita raih kembali pada ajang yang sama di Kabupaten Solok Selatan tahun 2023 ini," 

Kemudian  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap panitia pelaksana, dewan hakim, dukungan masyarakat dan perantau, ofisial dan guru pengajar yang telah mempersiapkan anak didiknya semaksimal mungkin.

"Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak sehingga bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sukses. Kepada dewan hakim Saya harap untuk menilai kafilah sesuai kemampuannya, sehingga nanti yang menjadi juara memang yang terbaik. Semoga apa yang kita lakukan ini dinilai ibadah dan dibalasi pahala oleh Allah SWT," ucapnya.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas