INDONEWS.ID

  • Rabu, 02/08/2023 17:30 WIB
  • Diikuti 15 Ribu Peserta, MSI Berpartisipasi dalam Pergelaran Angklung Terbesar Dunia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Diikuti 15 Ribu Peserta, MSI Berpartisipasi dalam Pergelaran Angklung Terbesar Dunia

Jakarta, INDONEWS.ID - Mitra Seni Indonesia ikut menyukseskan perhelatan akbar angklung  terbesar dunia, dengan peserta terbanyak yaitu 15 ribu dari berbagai instasi/Kementrian dan Lembaga/mahasiswa dan pelajar yang ada di Indonesia untuk menyukseskan pemecahan rekor dunia atau Guinness World of Records (GWR)2023 dengan peserta terbesar  yang akan berlangsung di Stadion  Gelora Bung Karno  (GBK) Senayan Sabtu 5/8/2023

Mitra Seni Indonesai berpartisispasi dengan mengikut sertakan tim pelatihan Angklung MSI sebanyak 40 peserta yang telah berlatih bersama dengan Tim gabungan yang dipandu oleh para pelatih khusus yang didatangkan dari Saung Angklung  Mang Udjo.

Baca juga : Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI

Kegiatan Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju sesuai arahan Ibu Negara  Iriana jokowi,  guna mendukung Pelestarian Budaya Bangsa sekaligus merayakan  HUT RI ke 78.

Terlebih angklung telah mendapat pengakuan dunia sebagai karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non bendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010 lalu. Para pemain Angklung akan memainkan lagu Berkibarlah Benderaku dan satu lagu internasional Wind Of Change .

Baca juga : MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia Sari Ramdani Basri menyatakan bangga tim angklung  MSI ikut sebagai pendukung kegiatan ini. Kegiatan ini patut  didukung besama selain sebagai  Pelestarian Budaya Bangsa ,juga sebagai suatu contoh harmonisasi  kolaborasi yang sangat indah dan akan menggetarkan Gelora Bung Karno dengan alunan yang khas.

Sari Ramdani juga menjelaskan bahwa MSI merupakan satu satunya komunitas seni dan budaya  yang terpilih ikut dalam perhelatan akbar ini.Ketua Umum Mitra Seni Indonesia berharap kegiatan  ini dapat menjadi momentum penting dalam pengembangan angklung sebagai salah satu alat kesenian tradisonal Indonesia agar semakin  dikenal dunia.

Baca juga : Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah

Sementara itu, Pemerhati Seni dan Budaya sekaligus salah satu  Dewan Penasehat MSI, Devy Luhut Pandjaitan menilai keikutsertaan MSI dalam pergelaran akbar Angklung dunia ini dapat membangkitkan semangat  kebangsaan dan tradisi atas budaya Indonesia , yang juga merupakan visi dan misi yang diemban Perkumpulan  MSI ini.

Pada kesempatan itu, Penanggung jawab Tim Angklung MSI dalam pergelaran GWR, Hesti Kresnarini mengatakan bahwa tim Pelatihan Angklung MSI sudah dengan intens berlatih dengan semangat yang tinggi untuk mensukseskan pergelaran akbar yang jarang terjadi.

Dikemukakan Hesti, peserta angklung MSI ini memang berasal dari group pelatihan MSI yang sudah rutin berlatih menghadapi pergelaran yang ada untuk mengembangkan kesenian musik tradisional di Indonesia.

Sementara itu Ketua Bidang II MSI yang membawahi program, Irma  Boedi menjelaskan MSI aktif berpartisipasi dalam kegiatan pergelaran untuk pelesarian seni dan budaya.

Selain kegiatan angklung dunia ini, dalam waktu dekat MSI juga akan ikut memeriahkan ASEAN Summit dengan menghadirkan tarian tradisional dan paduan suara MSI.

Karena disamping angklung, MSI memiliki 20 kegiatan pelatihan lainnya seperti tangklung, arumba, kolintang dan paduan suara serta tarian yang semuanya bertujuan untuk mengembangkan seni dan budaya di Indonesia. Irma Boedi berharap dengan keikut sertaan MSI akan lebih menyemarakan perhelatan akbar ini.

Mtra Seni Indonesia (MSI) adalah perkumpulan yang bersifat nirlaba dan non politik dan berbadan hukum.  MSI didirikan pada tanggal 9 Agustus 2007.MSI merupakan wadah bagi pemerhati atau pencinta dan pelaku seni untuk bersama2 mengembangkan talenta dalam berkesenian.

Mitra Seni Indonesia didirikan oleh Ir.Sanyoto Sastrowardoyo (alm), ibu Susrinah Sanyoto dan Ibu Sri Harmoko. Saat ini anggota MSI berjumlah hampir 958 orang.

Mitra Seni Indonesia memiliki berbagai kelompok pelatihan diantaranya angklung,arumba,  kolintang, tangklung, paduan suara, seni lukis, karawitan, tari tradisional, line dance, olah vokal dan terbuka bagi masyarakat yang mencintai seni.*

Artikel Terkait
Kementerian PPPA Beri Apresiasi Para Tokoh Perempuan Penerima Penghargaan Seni dan Budaya MSI
MSI Gelar Seni Budaya Memeriahkan Forum Konfederasi Organisasi Wanita ASEAN (ACWO Forum dan Expo)
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Tekankan Pentingnya Perkuat APIP dan APH di Daerah
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas