INDONEWS.ID

  • Sabtu, 05/08/2023 13:21 WIB
  • IKN Kota Hutan Berkelanjutan, Bukan Kota Kering Tanpa Roh Kehidupan

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
IKN Kota Hutan Berkelanjutan, Bukan Kota Kering Tanpa Roh Kehidupan

Jakarta, INDONEWS.ID - Bambang Susantono sang kepala otorita IKN meyakini itu, tanpa melibatkan pemangku kepentingan, pembangunan ibukota baru akan didominasi pembangunan fisik semata.

"Kita bertekad bersama menjadikan IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan yang memiliki Roh. Karena selama ini yang diberitakan pembangunan infrastruktur semata," kata Bambang mengawali diskusi Langkah Aksi Otorita IKN dengan lima pimpinan perguruan tinggi di Samboja Lodge balikpapan, Kalimantan Timur Jumat 4 Agustus 2023

Kota hutan berkelanjutan akan diwujudkan dengan 65% dari total 260.000 hektar lahan, akan dijadikan hutan lindung. Saat ini IKN masih didominasi hutan industri. Selesai acara Bambang Susantono bersama tiga rektor, UGM, UB dan ITB menandatangani MOU terkait kerjasama bidang: pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Nota kesepahaman merupakan tindak lanjut dari kelanjutan kerja sama antara otorita IKN dengan universitas Mulawarman sebagai daerah penyangga yang diteken Maret lalu. Pembuatan taman yang indah, museum, panggung teater harus diwujudkan agar kota ini hidup dan punya roh. Tanpa itu garing dan tidak nendang kata anak anak muda, seloroh pak Bambang bos IKN

Memang masih banyak yang harus diperbaiki kata Dhony Rahajoe wakil kepala otorita IKN. Kami belum bisa bergerak lincah, lantaran sejumlah aturan masih tumpang tindih dan saling berbenturan.

Contohnya ada perkampungan warga yang yang sebagian rumahnya masih wilayah IKN sebagian lagi masuk kabupaten penajam Paser Utara. Nah dikemudian hari akan bermasalah, siapa nanti yang berkewajiban memberikan pelayanan dasar di daerah itu. *(Zaenal)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Menteri PANRB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Mulai Mei, CASN Digelar Juni
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas