INDONEWS.ID

  • Minggu, 13/08/2023 10:27 WIB
  • Bupati Tanah Datar Eka Putra Berikan Apresiasi Kepada Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum

  • Oleh :
    • luska
Bupati Tanah Datar Eka Putra Berikan Apresiasi Kepada Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Bupati Tanah Datar Eka Putra memberikan Apresiasi kepada  Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum yang sangat  Konsisten dalam melaksanakan Progul Satu Nagari Satu Event yang kedua kalinya

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar waktu membuka Festival Tabek Ganggam Nagari Cubadak  ditandai  dengan pemukulan kentongan yang telah berusia ratusan tahun Dan penandatanganan   prasasti Tabek Ganggam dan penyerahan lukisan pesona Tabek Ganggam kepada Bupati oleh panitia dan pemuda nagari Cubadak.

Baca juga : Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan

Prosesi pembukaan pestival itu berlangsung meriah diiringi  dengan arakan Bungo Siriah dan penampilan tari kolusal Manggoro dan   disaksikan sekitar 2000 orang warga masyarakat Nagari Cubadak dan juga Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu dan Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Pimpinan OPD, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Bupati Tanah Datar Sisa Masa Jabatan 2020-2021 H. Zuldafri Darma, Camat Pengurus LKAAM Tanah Datar Aresno Datuk Andomo, E M Datuk Sinaro Basa, Mustafa akmal Datuk Sidi Ali, Pengurus Bundo Kanduang Tanah Datar Wali Nagari dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar juga mengakui  prosesi yang ditampilkan itu sangat memukau dan mengandung nilai nilai budaya dan pantas ditampilkan dalam pestival Pesona Budaya Minagkabau yang kita laksanakan bulan November mendatang di Istano Basa Pagaruyung 

Baca juga : Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang

Event nagari sebagai wujud kecintaan terhadap tradisi adat budaya. Salah satu tujuan digelarnya kegiatan satu nagari satu event ini adalah untuk mendorong kreativitas masyarakat ataupun sanggar yang ada di nagari dalam mendirikan event. 

Selain itu,  event ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, dengan bersama-sama generasi muda dan pemangku adat, sehingga secara tidak langsung telah memunculkan kembali rasa kebersamaan untuk memajukan nagari melalui Adat Salingka Nagari. 

Baca juga : Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Pemerintah Daerah bangga kepada Nagari Cubadak yang telah mewujudkan program unggulan Tanah Datar 

Ketua Panitia Pestival Anggerno Perawito menyampaikan rasa harunya karena tanpa dukungan ninik mamak Nagari Cubadak dan Perantaun mustahil hanya ini bisa terlaksana dan panitia sudah melaksanakan persiapan selama tiga bulan termasuk dukungan siswa dan mahasiswa nagari cubadak yang ikut ambil bagian dalam berbagai prosesi acara yang kita kemas secara bersama sama dan semoga ini menjadi ladang amal bagi kita semua dalam mempertahankan nilai adat dan budaya Di Nagari Cubadak 

Harapan yang sama juga disampaikan Wali Nagari Cubadak Asrizallis dan  Festival Tabek Ganggam dipusatkan di kawasan Wisata Tabek Ganggam yang dimeriahkan dengan arakan siriah dan tradisi adat salingka nagari.

Selain itu, juga akan tampil aneka atraksi seni budaya lokal, suguhan aneka kuliner rakyat, lomba masak randang cubadak, layang-layang, tari massal manggoro dan lainnya.

Festival Tabek Ganggam diawali dengan suguhan musik talempong pacik dan pemukulan kentongan, arakan bungo siriah akan diikuti sekitar 1.000- 1.500 orang dari unsur kaum adat, bundo kanduang dan dubalang, yang masing-masing dengan pakaian adat.

kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya akan menampilkan budaya adat kearifan lokal semata, namun lebih dari itu event ini juga bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat nagari dan sebagai media pewarisan nilai adat dan budaya pada generasi penerusnya. 

"Alhamdulillah semenjak dilaksanakan event ini pada tahun 2022, lalu kunjungan wisata meningkat dari biasanya hanya sekitar 400-an setelah event mencapai 1000 orang  setiap minggunya. 

Event ini dampaknya sangat luar biasa, makanya kita bersyukur dengan inovasi  progul yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar (M.Datuk)

Artikel Terkait
Empat Jenazah korban banjir Bandang Batang Anai Dishalatkan
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Tiga Penyuluh Agama Islam Tanahdatar Mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Pj Bupati Maybrat Sambut Kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Tips Memilih Jasa Pengurusan Visa
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas