INDONEWS.ID

  • Rabu, 16/08/2023 14:46 WIB
  • Kemendagri Dukung Penuh Kebijakan Kemenkes dalam Membangun Ekosistem Kesehatan di Daerah

  • Oleh :
    • Mancik
Kemendagri Dukung Penuh Kebijakan Kemenkes dalam Membangun Ekosistem Kesehatan di Daerah
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.(Foto:Dok.Kemendagri)

INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam membangun ekosistem kesehatan di seluruh daerah Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian pada acara Penganugerahan Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan Teladan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Penunjang Tingkat Nasional 2023, di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Baca juga : Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri

Mendagri mengatakan, Kemenkes yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah membuat berbagai terobosan kesehatan berbasis data yang perlu didukung oleh pemerintah daerah (Pemda). Hal itu baik yang berhubungan dengan infrastruktur kesehatan maupun tenaga kesehatan.

“Keberanian untuk menerobos itu out of box, ini harus didukung. Kami pun Kemendagri dengan tim dari kita akan mendukung penuh guna melibatkan daerah. Kemudian juga langkah-langkah beliau untuk memperbaiki fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, perhatian beliau sangat besar sekali,” katanya.

Baca juga : Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi peran Menkes dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ketika dunia tengah berada di pusaran krisis kesehatan, dengan koordinasi berbagai pihak, Menkes berhasil membuat berbagai terobosan sukses dalam menghadapi pandemi. Pertarungan menghadapi Covid-19 ini juga dialami berbagai kepala negara di dunia.


“Pertarungan antarekonomi salah satunya figurnya ya mungkin Menkeu atau Menteri Ekonomi. Jadi meskipun pandemi, kesehatan ini adalah kita tangani teamwork, orang luar tahunya itu lead-nya adalah Menkes,” ujarnya.

Baca juga : Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting

Dia menambahkan, Menkes juga telah menginisiasi lahirnya dana kesehatan abadi di tingkat ASEAN. Hal ini merupakan pemikiran positif dan kreatif yang menurut Mendagri perlu didukung.

Untuk itu dia mendorong sebanyak 552 Pemda di Indonesia, yang dipimpin oleh 38 gubernur, 98 wali kota, dan 416 bupati agar berpikiran sama dengan Menkes dalam memperbaiki ekosistem kesehatan di Indonesia.

“Saya sudah sampaikan kepada beliau apa pun kita akan dukung. Termasuk di antaranya bukan hanya fasilitas kesehatan, beliau banyak sekali membuat terobosan terkait kesehatan, misalnya beliau ingin agar semua provinsi memiliki kemampuan untuk bedah jantung, operasi jantung, dan lain-lain. Itu langkah-langkah strategi pendapat saya sehingga kita perlu dukung,” tandasnya.*

Artikel Terkait
Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri
Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian
Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting
Artikel Terkini
Menteri PANRB Minta Instansi Pemerintah Segera Rampungkan Rincian Formasi ASN 2024
Seleksi CASN 2024 Segera Dimulai, Pemerintah Penuhi Formasi Talenta Digital
TB dan "Airborne Infections Defense Platform" di Serang
Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Kedubes Kanada Perkuat Kerjasama Penanganan Permasalahan Perubahan Iklim
Menteri PANRB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Mulai Mei, CASN Digelar Juni
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas