INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/08/2023 11:48 WIB
  • Gelar Malam Puncak HUT ke-78 RI, Warga Dubar Terus Hargai Keberagaman dan Kokohkan Persatuan

  • Oleh :
    • very
Gelar Malam Puncak HUT ke-78 RI, Warga Dubar Terus Hargai Keberagaman dan Kokohkan Persatuan
Paduan Suara oleh Grup Buce, Duren Baru Permai pada acara Semarak Malam Kreasi Seni, untuk memperingati HUT ke-78 RI di Perumahan Duren Baru Permai, Susukan, Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023). (Foto: Indonews.id)

Susukan, INDONEWS.ID - Warga Perumahan Duren Baru Permai, Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar acara “Semarak Malam Kreasi Seni” yang berlangsung di  Dubar Centre Fasum Sarana 7 Depan Masjid, pada Sabtu malam (26/8).

Rangkain acara ini merupakan puncak kemeriahan acara HUT RI-78 yang digelar perumahan, yang baru berusia 12 tahun tersebut, selama hampir satu bulan penuh.

Baca juga : Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024

Acara semarak malam kreasi seni ini mengambil tema, “Menghargai Keberagaman dan Mengokohkan Persatuan”.

Baca juga : Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut

(Ketua RT 006/006, Bapak Buchori. Foto: Indonews.id)

Ketua RT 006/006, Buchori dalam kata sambutan pembukaannya mengatakan, kemerdekaan yang dirasakan oleh Bangsa Indonesia saat ini merupakan pemberian dan rahmat Tuhan yang Maha Esa. Karena itu, harus disyukuri oleh seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat hadiri Gala Dinner Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

Salah satu wujud syukur bangsa tersebut, katanya, yaitu dengan mengisi dan menghargai keberagaman suku, agama, budaya, adat istiada, ras maupun golongan yang telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama. Indonesia juga memiliki kekayana yang melimpah yang merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa. Karena itu, semua ini harus kita syukuri bersama,” ujarnya.

(Drama perjuangan kemerdekaan oleh Ibu-ibu Kelompok Arisan)

Buchori mengatakan, perbedaan yang dimiliki oleh bangsa ini, termasuk warga perumahan Duren Baru Permai, harus menjadi keistimewaan kita semua.

Dia mengatakan, kemerdekaan yang kita raih saat ini bukan saja berarti merdeka dari penjajah, namun yang paling penting kita merdeka untuk membangun kehidupan bersama yang saling menghargaai perbedaan suku, agama, ras maupun golongan.

“Mari kita kita wujudkan Indonesia yang maju, sesuai dengan semboyan kita, ‘Berbeda-beda Tapi Tetap Satu’ jua,” ujarnya.

 

(Tarian banana. Foto: Indonews.id)

 

Lebih Rapi dan Menarik

Mengambil tempat di pusat perumahan, yaitu Dubar Centre Fasum, acara kali ini dihadiri oleh lebih banyak warga.

“Mungkin karena diselenggarakan di tengah-tengah perumahan, sehingga banyak warga yang ikut. Tidak seperti sebelumnya, pada peringatan HUT sebelumnya yang digelar di lapangan futsal Dubar. Kerena itu, kali ini lebih banyak warga yang ikut,” ujar Ibu Meggy.

Acara yang mulai digelar pada pukul 20.15 dan berlangsung hingga pukul 11. 45 tersebut diisi berbagai aneka hiburan. Mulai dari tarian dari berbagai daerah Indonesia (Hinata04 Generation), paduan suara (Grup Buce), drama perjuangan kemerdekaan (Ibu-ibu Kelompok Arisan), hingga pentas oleh ibu-ibu pengajian (Muslimah Voice).

Selain itu, ada pula puisi oleh Karang Taruna (The Golden Generation), tarian moderen oleh (Bollywood Dubar) dan Girl Cute, hingga tarian oleh grup Jelita.

(Tarian daerah oleh Hinata04 Generation)

Nama grup yang dibentuk juga sangat kreatif, yaitu Ciwi Senggol, Melody CS, Girl Cute, Jelita, Bidadari Perintis, Grup Buce, Tim Kreatif GG Subur, Ibu-ibu Kelompok Arisan, Putri Saleha, Adi Warna, Khanza dan Fice Dance.

Selanjutnya, Hinata04 Generation, The Ladies, Srikandi, The Sabar, None None Dubar, The Golden Generation, Monster Kecil Dubar, Ciwi-Ciwi Cantik, Muslimah Voice dan Bollywood Dubar.

Acara yang dipentaskan kali ini cukup banyak yaitu mencapai 22 acara. Acara yang disuguhkan juga lebih rapi dan menarik.

“Pentasan kali ini menggambarkan perkembangan Perumahan Duren Baru Permai yang semakin menggembirakan. Anak-anaknya semakin aktif, karang taruna-nya semakin kreatif. Wah, pokoknya puas juga kita menontonnya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Blok A, M. Sampe mengatakan, mengapresiasi acara malam puncak peringatan HUT tersebut karena berlangsung lancar dan keren. 

"Mantap, semangat dan antusias warga tinggi. Susunan acaranya juga berjalan lancar dengan melibatkan segala macam usia dari anak-anak, kaum muda, hingga orang tua. Pokoknya keren banget," ujarnya.

Sebelum memulai acara, Ketua Panitia Perayaan HUT ke-78 RI di Perumahan Duren Baru Permai, Sularto didapuk memberi laporan.

(Puisi oleh Karang Taruna Duren Baru Permai. Foto: Indonews.id)

Dalam laporannya, dia mengucapkan terima kasih kepada warga Dubar yang telah aktif mendukung kesuksesan acara peringatan HUT RI kali ini.

“Kepada seluruh warga Perumahan Duren Baru Permai, dan panitia kami ucapkan terima kasih yang telah menyukseskan acara kali ini. Semoga kegiatan yang diselenggarakan tersebut berguna dan bermanfaat bagi kita dalam rangka mempererat tali silaturahmi warga Perumahan Duren Baru Permai,” ujar Sularto.

Dia juga memohon maaf apabila dalam pelaksaksaan acara itu masih banyak kekurangan yang ditemukan. “Mari kita terus perbaiki lagi demi perkembangan perumahan kita yang lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya, Bendahara Umum, Bapak Rahman, melaporkan jumlah dana yang terkumpul untuk acara HUT ke-78 RI tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Redi Hermawan.

Acara juga disemarakkan dengan pameran berbagai produk UMKM oleh warga Duren Baru Permai. Ada aneka jajanan yang disediakan, yang menjamin perut Anda tidak akan “keroncongan” selama menonton acara.

 

(Cute Girl dalam penampilan ikut memeriahkan malam Puncak Acara HUT ke-78 RI di Perumahan Duren Baru Permai.) 

 

Pembagian Hadiah dan Pemberian Medali

Sebelumnya, pada pukul 15.45 telah dilangsungkan acara pembagian hadiah dan pemberian medali lomba olahraga HUT ke-78 RI, dan penyerahan Piala Bergilir HUT RI oleh panitia.

Panitia Lomba 17 Agustus 2023 mengumumkan para pemenang lomba berdasarkan kategori usia masing-masing yaitu:

Kategori 3-5 tahun : 1. Lomba Lari Bendera: Juara I : Rafi (AB/7). Juara II : Rais (C3/1). Juara III : Khayyirah (B5/6).

Lomba Mewarnai, Juara I : Kuinsa Amaira (B8/6). Juara II : Kaila. Juara III : Bia (B10/16).

Lomba Memindahkan Bola dengan Juara I : Kholid (A1/1). Juara II : Kira (B11/22). Juara III : Rafif (AF/13).

Kategori 6-9 tahun: 1. Lomba Makan Kerupuk , Juara I : Abizar (A9/2). Juara II : Baim (B8/22). Juara III : Najam (B5/3)

Lomba Memasukkan Sumpit ke Dalam Botol dengan Juara I : Rafi (AB/7). Juara II : Rais (C3/1). Juara III : Khayyirah (B5/6).

Lomba Balap Karung, Juara I : Abizar (A9/2). Juara II : Fatih (A1/12). Juara III : Riziq (AC/4).

(Penampilan oleh ibu-ibu dan bapak yang menamakan dirinya Jelita.

Lomba Kelereng, Juara I : Windry (B8/22). Juara II : Kaira (B5/6). Juara III : Kanaya (B10/5).

Lomba Estafet Karet, Juara I : Kelompok 2 - Ais (C3/1) - Baim (B8/22) - Raes (AD) - Eja (A4/7).

Kategori 10-13 tahun : 1. Lomba Balap Karung Pakai Helm, Juara I : Ardita (C1/14), Juara II : Nabil (A6/19). Juara III : Hayu (A8/15).

Lomba Makan Kerupuk dengan Juara I : Diva (B10/22). Juara II : Aqila. Juara III : Alesa.

Lomba Estafet Sarung, Juara I : Kelompok Zidan

Lomba Estafet Air, Juara I : Kelompok Zidan

(Acara pembagian hadiah.) 

Kategori Dewasa (Ibu-Ibu) yaitu Lomba Joget Balon dengan perolehan: Juara I : Sinta dan Listi. Juara II : Alfi dan Defi. Juara III : Tama dan Dimas

Lomba Estafet Sarung, Juara I : Kelompok Blok B10

Dan Lomba Estafet Air dengan Juara I diraih oleh Kelompok Mama Andra. ***

 

Artikel Terkait
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pj Bupati Maybrat hadiri Gala Dinner Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Artikel Terkini
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Menikah di Balai Sarwono, Bregas Ingin Merasakan Atmosfer Adat Jawa yang Kental
Pelepasan 247 Calon Siswa Bintara Bakomsos dan Tamtama Polri Terpadu Tahun Angkatan 2024
Wujudkan Kemandirian Daerah, Kepala BSKDN Dorong Proyek Perubahan Jadi Inovasi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas