INDONEWS.ID

  • Minggu, 27/08/2023 18:51 WIB
  • Analis: Anies yang Scientific Thinking Hanya Bisa Dikalahkan oleh Pasangan RR-Puan Maharani

  • Oleh :
    • very
Analis: Anies yang Scientific Thinking Hanya Bisa Dikalahkan oleh Pasangan RR-Puan Maharani
Rizal Ramli dan Puan Maharani. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID – Sejumlah analis menilai bakal calon presiden yang dicalonkan oleh Partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, tidak akan sanggup mengalahkan bakal calon presiden yang dicalonkan oleh pengusung spirit perubahan, Anies Baswedan.

Baca juga : Jaga Keberlanjutan Agenda Pembangunan Mendatang, Pemerintah Evaluasi Capaian Kinerja PSN Tahun 2024

Karena itu, kata para analis, PDI Perjuangan harus mencalonkan tokoh baru, yang sanggup mengalahkan capres yang hingga kini diusung oleh Partai Nasdem, Demokrati dan PKS tersebut.

Direktur Riset Freedom Foundation, Muhamad Muntasir Alwy mengatakan, tokoh baru yang sanggup mengalahkan Anies Baswedan itu adalah mantan Menko Perekonomian, DR Rizal Ramli.

Baca juga : Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama

Untuk itu, katanya, mantan Menko Kemaritiman tersebut harus dipasangkan dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. Kedua pasangan ini dipastikan akan memenangkan pertarungan dalam pemilihan presiden 2024.

“RR-Puan bisa mengimbangi Anies yang scientific thinking. Roda pemerintahan pasti bukan model Jokowi. Artinya PDI P punya pencitraan baik dari orang-orang yang anti kebijakan Jokowi,” kata Muntasir Alwy.

Baca juga : Kunker ke Halmahera Timur, Kepala BSKDN Beberkan Strategi Menjaga Keberlanjutan Inovasi

Sementara itu, analis ekonomi-politik F Reinhard MA mengatakan, para loyalis PDI Perjuangan tidak peduli dengan semua yang dikerjakan oleh Presiden Jokowi.

“Sementara loyalis PDI Perjuangan tidak peduli dengan apa yang dikerjakan oleh Presiden Jokowi. Mereka berpikir, yang penting PDI Perjuangan tetap bisa meraih kekuasaan plus mendapat tambahan kekuatan sosial politik,” kata Reinhard.

Kyai muda NU dan Direktur Institute of Social and Strategic Studies (Lembaga Studi Sosial dan Strategi-LS3), Umar Hamdani MA, mengatakan bahwa Rizal Ramli merupakan tokoh NU yang mendapat dukungan dari para loyalis Gus Dur.  

“Jangan lupa, RR itu dari NU juga sudah dapat dukungan moril dari Gusdurian/Gus Dur loyalis. Bang RR juga bisa menjanjikan next cycle pilpres (ambang batas pencalonan presiden) diubah jadi nol persen (presidential threshold-PT 0%). Hal ini pasti menghilangkan citra PDIP sebagai partai yang takut kalah bersaing. Bang RR sudah pernah mengatur pemerintahan bersama Ibu Megawati, prosesnya lebih cepat dari pada mengubah PT jadi 0 % dulu,” ujar Umar seperti dikutip Konfrontasi.com.

Sementara itu, dosen Universitas Paramadina, Herdi Sahrasad dan Nehemia Lawalata, tokoh GMNI Indonesia Timur, mengatakan Rizal Ramli sudah disumpah untuk setia dan memiliki komitmen terhadap rakyat kecil. Karena itu, dia juga dinilai mampu mengatasi kesusahan rakyat. 

``Anies itu Obama ala bangsa Indonesia, untuk Republik Indonesia,`` kata para analis tersebut. 

Karena itu, Anies hanya bisa dikalahkan oleh Bang RR – sapaan Rizal Ramli- ketimbang oleh Ganjar Pranowo.

``Insya Allah, RR-Puan mampu tandingi Anies di pilpres ketimbang PDIP galau dan ragu dengan Ganjar,`` kata Muntasir, peneliti senior alumnus Fisipol UGM tersebut. ***

 

Artikel Terkait
Jaga Keberlanjutan Agenda Pembangunan Mendatang, Pemerintah Evaluasi Capaian Kinerja PSN Tahun 2024
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
Kunker ke Halmahera Timur, Kepala BSKDN Beberkan Strategi Menjaga Keberlanjutan Inovasi
Artikel Terkini
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kak Wulan Bikin Petani Mawar Nganjuk Punya Harapan Baru
PNM Peduli, Gerak Cepat Bantu Bencana Banjir Bandang dan Lahar Dingin Sumatera Barat
Satgas Pamtas Sektor Timur Yonif 742/SWY Laksanakan Patroli di Perbatasan darat RI-RDTL
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas