INDONEWS.ID

  • Selasa, 07/11/2023 10:44 WIB
  • Karyawan PTPN 6 dan Damkar Padamkan Kebakaran Lahan

  • Oleh :
    • very
Karyawan PTPN 6 dan Damkar Padamkan Kebakaran Lahan
Simulasi Pemadam Kebakaran lahan perkebunan di kantor PTPN 6 Kebun Lagan kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Kamis (2/11/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

Jambi, INDONEWS.ID - Sebanyak 30 orang gabungan karyawan PTPN 6 Kebun Lagan dan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kabupaten Tanjung Jabung Timur, berhamburan memadamkan api yang membakar lahan gambut. Mereka berjibaku dengan berbagai peralatan pemadam api hingga tuntas api padam sampai pendinginan kebakaran.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri

Hal ini tergambar jelas dalam simulasi Pemadam Kebakaran lahan perkebunan di kantor PTPN 6 Kebun Lagan kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Kamis (2/11/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. Simulasi diikuti 10 petugas Damkar dan 20 karyawan kebun lagan serta petugas medis.

“Ini simulasi saja, kerjasama kami dengan Damkar. Yaa.. untuk lebih mengasah ketangkasan, kesigapan dan respon kemampuan karyawan yang bertugas memadamkan api saat kebakaran benar-benar terjadi," kata Manager PTPN 6 Kebun Lagan, Nazarsyah Hutagalung, Selasa (07/11/2023).

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Bentuk Tim Pencarian Peninggalan Sejarah

Dalam simulasi seperti terjadi sebenarnya itu, semua peralatan pemadam kebakaran digunakan, tampak peralatan yang digunakan 12 unit tabung APAR, 1 unit mesin pompa hydrant, 1 buah selang hisap, 2 buah selang hydrant, 1 buah nozzle, baju dan helm damkar, masker respirator, sarung tangan damkar, sepatu safety serta beberapa peralatan medis juga tampak digunakan.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial Bersama Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI

Menurut Nazarsyah Hutagalung, simulasi pemadam kebakaran merupakan agenda yang rutin PTPN 6 dan Damkar laksanakan setiap tahun. Ini tentu menjadi perhatian karena lokasi lahan perkebunan PTPN 6 di Lagan merupakan lahan gambut yang mudah terbakar dan perlu penanganan khusus saat terjadi kebakaran karena lahan gambut memiliki penjalaran apu di dalam.

“Alhamdulillah, petugas yang ikut masih tanggap, sigap dan respon. Petugas medis yang ikut simulasi juga terampil menangani korban kebakaran bila terjadi. Kami akan terus meningkatkan kemampuan dan skill karyawan memadamkan api. Standard operasional kita ikuti, temasuk standar penanganan korban kebakaran," tegas Nazarsyah Hutagalung.

Artikel Terkait
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Pj Gubernur Agus Fatoni Segera Bentuk Tim Pencarian Peninggalan Sejarah
Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial Bersama Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI
Artikel Terkini
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Pj Bupati Maybrat hadiri Acara Pengantar Tugas Sekjen Kemendagri
Mendagri Lantik Suhajar sebagai Wakil Rektor IPDN
Panglima TNI Pimpin Upacara Peringatan HUT Kopassus Ke-72
Peringatan Hardiknas Harus Jadi Momentum dalam Melindungi Generasi Muda dari Intoleransi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas