INDONEWS.ID

  • Rabu, 15/11/2023 15:50 WIB
  • BSKDN Raih Penghargaan The Most Responsive Participant dalam Kemendagri BerAKHLAK Awards 2023

  • Oleh :
    • Mancik
BSKDN Raih Penghargaan The Most Responsive Participant dalam Kemendagri BerAKHLAK Awards 2023
Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo.(Foto:Kemendagri)

INDONEWS.ID - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meraih penghargaan sebagai The Most Responsive Participant. Penghargaan itu diterima BSKDN dalam ajang Kemendagri BerAKHLAK Awards 2023.

Kegiatan ini sebagai ajang penghargaan bagi komponen Kemendagri yang telah berhasil mengimplementasikan budaya kerja BerAKHLAK sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan BerAKHLAK atau Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif merupakan konsep untuk memperbaiki birokrasi.

Baca juga : Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat

Hal ini khususnya terkait masalah mentalitas dan moralitas, serta lebih spesifik pada persoalan layanan publik.

"Ini sebetulnya sudah masuk dalam konsep visi-misi Bapak Presiden di awal masa beliau sebelum menjabat, pada saat kontestasi 2014, salah satu poinnya adalah melakukan revolusi mental," jelasnya.

Baca juga : Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T

Mendagri mengimbau setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi agent of change yang memegang teguh konsep BerAKHLAK dalam menjalankan perannya sebagai abdi negara. Dia mengingatkan ASN agar memahami ilmu leadership dan ilmu menjadi staf yang baik bagi pemimpinnya.

Tidak hanya perubahan dari sisi personal ASN, konsep BerAKHLAK juga menginginkan adanya tranformasi yang memudahkan masyarakat mengakses pelayanan publik.

Terobosan ini salah satunya dengan menerapkan digitalisasi yang terbukti membuat pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien.

“Misalnya Dukcapil membuat seluruh Indonesia berbasis data satu, dan sekarang digunakan lebih dari 6.000 user, ini adalah salah satu terobosan yang luar biasa dari Kemendagri," jelasnya.

Mendagri berharap, adanya Kemendagri BerAKHLAK Awards dapat memberikan motivasi bagi ASN di lingkungan Kemendagri untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

"Sekali lagi terima kasih banyak atas acara ini dan semoga acara ini memberikan inspirasi dan memotivasi kita untuk menjadi lebih baik," pungkasnya.*

Artikel Terkait
Kerja Sama dengan Koso Nippon, BSKDN Kemendagri Harap Daerah Terapkan Review Program
Kunjungi Papua Tengah, BSKDN Kemendagri Tegaskan Pentingnya Inovasi Dilihat dari Sudut Pandang Penerima Manfaat
Identifikasi Daerah Pilot Project, BSKDN Kemendagri Dukung Pertumbuhan Iklim Inovasi di Daerah 3T
Artikel Terkini
Pj Bupati Maybrat Kunjungi Batalyon SATGAS YONIF 133/Yudha Sakti di Susumuk
Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di SMP Negeri 1 Ayawasi
Plh Dirjen Polpum Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lingkup Kemendagri dan BNPP
PTPN IV Regional 4 Salurkan 94 Bantuan Stunting di Muara Bulian
Feby Longgo, Ketua Kelompok Mekaar Merasa Beruntung Usaha Semakin Maju Dan Bisa Membantu Sesama
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas