INDONEWS.ID

  • Senin, 20/11/2023 18:09 WIB
  • Kemendagri Bakal Beri Penghargaan kepada Daerah Terinovatif pada November

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kemendagri Bakal Beri Penghargaan kepada Daerah Terinovatif pada November

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) akan memberikan penghargaan kepada daerah terinovatif pada bulan November 2023. Penghargaan tersebut akan diberikan pada gelaran bertajuk Innovative Government Award (IGA).

Sejalan dengan itu, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi Informasi, dan Inovasi Pemerintahan Dalam Negeri Aferi S. Fudail berharap penghargaan yang diberikan tersebut dapat semakin memacu daerah untuk terus berinovasi.

Baca juga : Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Dalam sambutannya, Aferi mengatakan IGA 2023 memiliki beberapa kategori pemenang di antaranya meliputi provinsi terinovatif, kabupaten terinovatif, daerah tertinggal terinovatif, daerah perbatasan terinovatif. Kategori selanjutnya yakni provinsi sangat inovatif, kabupaten sangat inovatif, kota sangat inovatif, pemerintah daerah (Pemda) dengan indeks regional tertinggi dan Pemda pengirim inovasi daerah tercepat.

Penghargaan tersebut diberikan setelah melalui serangkaian tahapan penilaian. Hal itu meliputi tahap penjaringan; pengukuran; presentasi kepala daerah nominator terkait inovasi yang dilaporkan pada aplikasi Indeks Inovasi Daerah (IID); dan validasi lapangan oleh tim penilai.

Baca juga : Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024

"Kita sudah lakukan sidang pleno dengan tim penilai dengan mengukur nilai akhirnya siapa saja yang direkomendasikan untuk mendapatkan penghargaan IGA," jelas Aferi saat memimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan IGA 2023 di Aula BSKDN pada Senin, 20 Oktober 2023.

Demi pelaksanaan yang lebih baik, Aferi juga meminta jajarannya untuk terus memantau progres persiapan IGA dengan memastikan tidak ada satu hal pun yang terlewatkan. Dia juga mengingatkan jajarannya agar memastikan pemerintah daerah yang akan menghadiri acara tersebut dapat terinformasi dengan baik.

Baca juga : Plh Dirjen Polpum Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lingkup Kemendagri dan BNPP

"Terhadap pihak-pihak yang akan terlibat terutama petugas acara, dipastikan untuk kehadirannya. Berikan surat pemberitahuan lebih awal. Begitu pun kepada pemerintah daerah," ungkapnya.

Dia juga berharap, penyelenggaraan IGA yang digelar Kemendagri melalui BSKDN, dapat menumbuhkan ekosistem inovasi yang semakin subur terutama di daerah-daerah yang masih minim inovasinya. "Ini semua tidak luput dari masukan dan saran dari Bapak/Ibu semua, kerja sama ini semoga akan membuahkan hasil yang baik untuk pertumbuhan inovasi di daerah dan kemajuan masyarakatnya," pungkasnya.

Artikel Terkait
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Plh Dirjen Polpum Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lingkup Kemendagri dan BNPP
Artikel Terkini
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Menko Airlangga Bertemu Sekjen Cormann dan Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia
Pj Bupati Maybrat Kunjungi Batalyon SATGAS YONIF 133/Yudha Sakti di Susumuk
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas