INDONEWS.ID

  • Jum'at, 24/11/2023 15:15 WIB
  • Songsong Indonesia Emas 2045, Pengembangan ASN Jadi Fokus Program Pembangunan

  • Oleh :
    • Mancik
Songsong Indonesia Emas 2045, Pengembangan ASN Jadi Fokus Program Pembangunan
Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono.(Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) agar memiliki pemikiran kreatif dan analitis menjadi fokus program pembangunan. Upaya ini menjadi salah satu upaya dalam menyongsong Indonesia Emas 2025.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi Bidang Pengembangan Regional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Tri Dewi Virgiyanti saat menjadi narasumber Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengembangan SDM Aparatur Pemerintahan Tahun 2023.

Baca juga : BPSDM Kemendagri Dukung Peningkatan Kapasitas ASN melalui Diklat di DOB Papua

Kegiatan tersebut digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rakornas ini berlangsung mulai tanggal 22 hingga 24 November 2024 di Belitung.

Terkait SDM ASN, menurutnya persebaran jabatan fungsional teknis di daerah yang mendukung potensi unggulan daerah masih sangat kurang sehingga perlu ditingkatkan

Baca juga : Sejumlah Sumber Pengisian Kebutuhan ASN di IKN, Peluang Besar untuk Putera-Puteri Terbaik Kalimantan

Selain itu, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 ada 8 agenda yang sudah disiapkan. Hal itu di antaranya transformasi sosial dan ekonomi; transformasi tata kelola; transformasi hukum; stabilitas dan kepemimpinan Indonesia; ketahanan sosial budaya dan ekologi; pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan; sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan; serta kesinambungan pembangunan.

Sementara itu, Analis Kebijakan Pertama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Arfiana Imadella yang juga menjadi narasumber mengatakan, ASN di Indonesia dinilai masih kurang adaptif dan terlalu nyaman berada di zona nyaman. Karena itu, upaya transformasi besar harus dilakukan untuk mengembangkan kapasitas ASN.

Baca juga : Ini Skema Pemindahan ASN ke IKN, Juli 2024 Menteri PUPR Akan Pindah Pertama

Dia mengungkapkan, agenda transformasi ASN tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Hal itu terdiri dari transformasi rekrutmen dan jabatan ASN; kemudahan mobilitas talenta nasional; percepatan pengembangan kompetensi; penataan tenaga non-ASN; reformasi pengelolaan kinerja dan kesejahteraan ASN; digitalisasi manajemen ASN; serta penguatan budaya kerja dan citra institusi.

Rakornas ini diharapkan dapat menyamakan persepsi antarpemangku kepentingan dalam mengembangkan kompetensi ASN untuk menyongsong Indonesia Maju 2045. Rakor bertajuk "Arah Kebijakan dan Pengembangan Kompetensi ASN Menuju Indonesia Maju" ini menggarisbawahi komitmen pemerintah dalam memajukan kualitas SDM aparatur untuk menjadi pilar utama dalam mewujudkan pemerintahan yang efisien dan responsif.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber lainnya, yaitu Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Hendriwan, Kepala BKPSDM Provinsi Bangka Belitung Susanti, dan Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Bina Pemerintahan Desa Tri Rusdiana Harahap.*

Artikel Terkait
BPSDM Kemendagri Dukung Peningkatan Kapasitas ASN melalui Diklat di DOB Papua
Sejumlah Sumber Pengisian Kebutuhan ASN di IKN, Peluang Besar untuk Putera-Puteri Terbaik Kalimantan
Ini Skema Pemindahan ASN ke IKN, Juli 2024 Menteri PUPR Akan Pindah Pertama
Artikel Terkini
Nilai Ekspor Sumsel Maret 2024 Naik 12,94 Persen
Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Lakukan Upaya Kembalikan Status Sandara SMB II Palembang Menjadi Bandara Internasional
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas