INDONEWS.ID

  • Rabu, 06/12/2023 19:12 WIB
  • PERPUSNAS RI Melantik Pengurus Pusat GPMB 2023-2027

  • Oleh :
    • luska
PERPUSNAS RI Melantik Pengurus Pusat GPMB 2023-2027

Jakarta, INDONEWS.ID - Perpustakaan Nasional RI dan Pengurus Pusat GPMB (Gerakan Pembudayaan Minat Baca) berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan webinar nasional dengan tema Pembudayaan Literasi Melalui Keluarga Menuju Indonesia Emas 2045. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid. Pelaksanaan acara secara luring berlokasi di Ruang Teater Perpustakaan Nasional RI di Salemba.

Sementara para pegiat pustaka dan literasi di seluruh nusantara hadir secara daring melalui zoom dan streaming di Youtube Perpustakaan Nasional RI.  

Baca juga : Nasyidah, Pustama DPK Provinsi Sulawesi Selatan Paparkan Best Practice Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak di Perpusnas RI

Herlina Mustikasari, M.A, Ph.D selaku Ketua Umum GPMB menyatakan ada empat tujuan penyelenggaraan webinar ini. Pertama, meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi keluarga melalui pemaparan dalam seminar nasional. Kedua, memberikan wawasan dan keterampilan praktis untuk meningkatkan literasi keluarga. Ketiga, mendorong pelibatan pemangku kepentingan serta komunitas masyarakat penggiat literasi dalam mendampingi literasi keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Dan keempat, melantik kepengurusan PP GPMB 2023 – 2027 secara resmi.

Bertindak sebagai narasumber pada webinar nasional ini adalah Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI Dr. Adin Bondar, Wakil Ketua TP PKK DIY dan Bunda Literasi DIY GKBRAA Paku Alam, Ketua Umum GPMB Herlina Mustikasari, MA., P.hD., dan Sekretaris Jenderal GPMB Nuradi Indrawijaya, S.Pd.Acara ini dimeriahkan juga dengan penampilan musik literasi oleh Ferry Curtis.

Baca juga : Top! Ini Alasan Eks KSAU Donasikan 1000 Buku Kedirgantaraan ke Perpusnas RI

Setelah webinar selesai dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Pusat GPMB periode 2023 – 2027 oleh Kepala Perpusnas RI yang diwakili oleh Dr. Adin Bondar selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI.

Dalam sambutan pembukaannya, Adin Bondar menyatakan bahwa GPMB merupakan mitra Perpusnas RI yang sangat penting dan strategis untuk membudayakan minat baca di masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan. 

PP GPMB 2023 – 2027 dipimpin oleh Herlina Mustikasari, M.A, Ph.D selaku Ketua Umum yang terpilih dalam Munas GPMB bulan Oktober 2023 lalu di Jakarta. Organisasi GPMB sendiri berdiri pada tanggal 25 Oktober 2001 dan kini telah berusia 22 tahun. Selama ini GPMB telah konsisten membudayakan minat baca dan literasi hingga ke desa-desa di seluruh Indonesia.

Artikel Terkait
Nasyidah, Pustama DPK Provinsi Sulawesi Selatan Paparkan Best Practice Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak di Perpusnas RI
Top! Ini Alasan Eks KSAU Donasikan 1000 Buku Kedirgantaraan ke Perpusnas RI
Artikel Terkini
Menko Airlangga: Hingga Juni 2024, KEK Berhasil Catatkan Realisasi Investasi Rp205,2 triliun dan Serap 132.227 Tenaga Kerja
Penghargaan Ke 5 Dari Seven Media Asia: Pemimpin Inspiratif Terbaik 2024
Plt. Sekjen Kemendagri Dorong 13 Provinsi Percepat Implementasi Program Bedah Jantung Terbuka
Mendagri Pacu Pemda di Jawa Barat Tingkatkan Pendapatan dan Optimalkan Penggunaan Anggaran
Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia industri energi terbarukan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id