INDONEWS.ID

  • Jum'at, 08/12/2023 11:28 WIB
  • Pariwisata Ujung Negeri, PLBN Motaain Suguhkan Sensasi Memetik dan Mencicipi Anggur Isabella

  • Oleh :
    • very
Pariwisata Ujung Negeri, PLBN Motaain Suguhkan Sensasi Memetik dan Mencicipi Anggur Isabella
Kepala PLBN Motaain, Engelberthus Klau ketika memetik anggur Isabela di PLBN yang berada di Tasifeto Timur, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto: Ist)

BELU, NTT, INDONEWS.ID - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain telah menjadi satu satu ikon Indonesia di perbatasan negara. PLBN yang berada di Tasifeto Timur, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menjadi penghubung dengan wilayah kedaulatan Timor Leste.

Pariwisata perbatasan negara atau cross border tourism telah membawa warna baru bagi PLBN Motaain yang dikelola Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), terus berinovasi menggaet traveler lokal dan mancanegara. Salah satunya merias kebun anggur Isabela.

Baca juga : Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat

Jenis anggur ini sangat populer di Indonesia karena memiliki rasa yang manis dan segar, serta kandungan nutrisi yang sangat baik.

Kepala PLBN Motaain, Engelberthus Klau menjelaskan bahwa, keberadaan kebun anggur adalah salah satu cara mengubah paradigma PLBN yang saat hanya sebagai pelintas orang dan barang saja, menjadi lokasi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya menjadi magnet pariwisata.

Baca juga : Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73

"Dan siapa tahu, pengunjung bisa membawa pulang kenangan manis dalam bentuk foto selfie di tengah-tengah kebun anggur yang cantik ini, dan membeli buahnya untuk dijadikan buah oleh-oleh. Kebetulan juga kami baru panen," jelas Engelberthus, Kamis (7/12/2023).

Engelberthus juga menerangkan, Anggur Isabela punya daya tarik tersendiri karena buahnya besar dan kulitnya terlihat segar tak bercacat, hal ini membuat anggur isabela jauh lebih cantik dibandingkan dengan anggur biasa. Anggur ini merupakan anggur lokal yang dibudidayakan di PLBN Motaain.

Baca juga : Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit

Bagi para traveler, lanjutnya, ini adalah momen yang sempurna untuk berfoto ria dengan latar belakang tanaman anggur yang hijau dan buah yang menggoda.

"Jadi, jika anda berencana mengunjungi PLBN Motaain, jangan lupa mampir ke kebun anggur Isabela ini. Yang memberikan pemandangan yang memesona dan akan membuat pengalaman liburan berkesan," tambahnya.

Ia juga menerangkan, selain spot kebun anggur Isabela, PLBN Motaain juga menyediakan spot instagramable lainnya seperti gapura besar bertuliskan "PLBN Motaain" di gerbang perbatasan.

Selanjutnya tugu bertuliskan Motaain Indonesia dengan kata "Motaain" dicat berwarna merah, sedangkan "Indonesia" diberi cat putih.

Tidak hanya itu, di PLBN Motaain juga dilengkapi amfiteater atau ampiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni.

Sebagai informasi, PLBN Motaain juga menjadi tempat yang strategis untuk singgah sebelum melanjutkan hidden gem seperti desa wisata adat dengan kontur bukit yang damai dan sejuk.

Selepas mengunjungi PLBN Motaain, traveler juga bisa mencari suasana hening dan damai di beberapa destinasi lainnya, seperti Pantai Pasir Putih dan Pantai Sukaerlaran. (Humas BNPP)

Artikel Terkait
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Tingkatkan Layanan Bidang Kesehatan, Pj Gubernur Agus Fatoni Teken MoU Jejaring Pengampuan Layanan Prioritas Rumah Sakit
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas