INDONEWS.ID

  • Jum'at, 12/01/2024 20:58 WIB
  • Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas

  • Oleh :
    • luska
Politeknik STIA LAN Jakarta Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah Universitas

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof Dr. Nurliah Nurdin, M.A melakukan inisiasi kerjasama dengan sejumlah Universitas di Malaysia sekaligus mendampingi delegasi dari Northern Illinois University (NIU) dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara NIU dengan University of Cyberjaya Malaysia, hari ini Jumat 12 Januari 2024 bertempat di University of Cyberjaya Malaysia.

Sejumlah agenda dalam pertemuan tersebut digagas oleh NIU dan University of Cyberjaya Malaysia, antara lain: Pemaparan tentang Pentingnya Kerjasama dan Kolaborasi serta Diplomasi Pendidikan, Pengembangan Kapasitas Pendidikan melalui Adopsi Teknologi, Sukses Story Keberhasilan NIU dalam Berkolaborasi dengan Mitra di Asia, serta penyampaian Program Mobilitas Sosial dari NIU. 

Baca juga : Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan

Delegasi NIU dipimpin langsung oleh President NIU, Prof. Dr. Lisa. C Freeman, ikut dalam rombongan antara lain: Prof Dr. George Middlemist, Prof. Dr. Eric Jones, dan Pror Dr. Bob Brinkmann. Sedangkan dari Unversitas Cyberjaya Malaysia dipimpin oleh Wakil Presiden Prof. Dr. Zabidi Hussin serta sejumlah pejabat yaitu: Direktur Akademik Dr. Hassan Basri Jahubar Sathik, Dr. Ashok Balaraman, Prof. Shamima Abd Ramhman, dan Mdm Priya Sukirthanandan.

Pada kesempatan tersebut hadir pula sejumlah Alumni NIU, yaitu: Prof.Dr. Nurliah Nurdin, Datuk Noripah Kamso, Mr. Fadzlullah Shuhaimi, Mdm Rahmah Ismail, Prof. Dr. Shahrul, dan Prof Faridah Hassan.

Baca juga : Pemilu, Demokrasi & Suara Kawasan Timur Indonesia

Prof Nurliah Nurdin sebagai perwakilan alumni NIU dari Indonesia, menyambut baik kesempatan tersebut dengan ikut serta menjadi undangan dalam pertemuan kolaboratif antara NIU dan University of Cyberjaya Malaysia.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir perwakilan University Utara Malaysia,UUM Prof. Ahmad Martadha dan University Teknologi Malaysia Mara  UITM, Prof Faridah

Baca juga : Tata Kelola Kebhinnekaan dalam merawat Keberagaman Agama, Budaya, Etnis, dan Gender di Indonesia

Perjalanan kolaborsi pun dilanjutkan ke International Institute of Advanced Islamic Studies yang dipandu oleh Datuk Noripah Kamso. Hadir pula  Exacutive Director Fulbright Malaysia Curtis Johnson untuk memaparkan kerjasama pendidikan.

Hal serupa dapat dilakukan dilakukan di Poltek STIA LAN Jakarta dengan mengajak Fulbright talk kesempatan belajar ke USA dengan beasiswa. Dr. Rahma Ismail, advisor to MIDA (Malaysia Industry Development Authority menyampaikan perlunya universitas menyiapkan keahlian dalam data science data, Cyber security dan digitalisasi. 

 President NIU, Prof Lisa Freeman mengajak bekerja sama dengan universitas di Indonesia, Malaysia dan negara di Southeast Asia, tidak terkecuali Politeknik STIA LAN Jakarta. 

Dunia yang terus bergerak dan penuh dengan tantangan, menuntut perguruan tinggi untuk berkolaborasi dan bersinergi. Hal ini menjadi salah satu program utama perguruan tinggi luar negeri saat ini untuk membangun kolaborasi dengan perguruan tinggi  lain di Kawasan ASIA.

 Memanfaatkan momentum tersebut, Prof Nurliah menginiasi sejumlah kerjasama dengan beberapa universitas di Malaysia sebagai upaya untuk mengembangkan kapasitas Politeknik STIA LAN Jakarta sebagai PTKL dengan tuntutan diantaranya standar akreditasi kerjasama internasional.

Sebelumnya antara NIU dengan Politeknik STIA LAN Jakarta sudah terjalin Kerjasama.

Pertemuan kolaboratif tersebut berlansung sangat intens dalam 3 hari  ditutup dengan ramah tamah seluruh delegasi sekaligus memperkuat kerjasama dengan universitas di Malaysia.

Artikel Terkait
Kolaborasi Poltek STIA LAN Jakarta dan Bank DKI: Wujud Nyata Transformasi Pendidikan
Pemilu, Demokrasi & Suara Kawasan Timur Indonesia
Tata Kelola Kebhinnekaan dalam merawat Keberagaman Agama, Budaya, Etnis, dan Gender di Indonesia
Artikel Terkini
Simak Rekam Jejak dan Konsepnya! Dosen Senior IPDN "Turun Gunung" Bertarung Jadi Cabup Mamasa 2024-2029
Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200 Pukau Ribuan pada Makassar International Eight Festival And Forum
Lilik Mardianto Rayakan Ulang Tahun Perkawinan dengan Sumbang Pompa Air untuk Masyarakat Waingapu Sumba Timur
Pos Kewar Satgas Yonif 742/SWY Bersama Puskesmas Weluli Berikan Asupan Gizi Kepada Anak Stunting di Perbatasan RI-RDTL
Santi Ayu Graito Kordinir UMKM hingga Berkembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id