INDONEWS.ID

  • Sabtu, 27/01/2024 10:08 WIB
  • Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Prinsip Efisiensi Mulai dari Proses Perencanaan

  • Oleh :
    • luska
Sekjen Kemendagri Tekankan Pentingnya Prinsip Efisiensi Mulai dari Proses Perencanaan

Subang, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan pentingnya mengedepankan prinsip efisiensi sejak proses perencanaan program dan kegiatan. Hal ini disampaikannya pada acara Pembinaan Kepegawaian dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Biro Perencanaan Kemendagri Tahun 2024.

"Saya ingin menyampaikan bahwa dalam menyusun anggaran banyak dasar berpikir yang harus dipakai, satu di antaranya adalah Anda harus memuliakan efisiensi," kata Suhajar di Sari Ater Hotel dan Resort, Subang, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

Baca juga : Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif

Menurutnya, proses perencanaan setiap program harus mengutamakan skala prioritas dan superprioritas. Di situlah letak peran penting Biro Perencanaan, yaitu untuk menghadapi berbagai macam persoalan yang berhubungan dengan anggaran.

"Karena itulah Biro Perencanaan ini dilahirkan, bahwa departemen perencanaan itu dibentuk karena menghadapi persoalan di mana jumlah uang yang terbatas dihadapkan dengan keinginan yang tidak terhingga," ujar Suhajar.

Baca juga : Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas

Agar setiap program kegiatan di Kemendagri dapat berjalan dengan baik, dia mendorong setiap komponen untuk menyusun anggaran secara matang. Harapannya, dengan jumlah anggaran yang terbatas dapat dihasilkan program dan kegiatan yang berkualitas sesuai dengan visi dan misi organisasi.

"Jadi, kalau anggaran kita itu Rp3 triliun, kebutuhan Kemendagri itu Rp7 triliun tidak cukup, dulu Kemendagri pernah mencapai anggarannya Rp7 triliun. Artinya jika kita menggambarkan 10 tahun yang lalu kita perlu Rp7 triliun untuk menggerakkan organisasi Kemendagri ini, ternyata dengan Rp3 triliun tergerak juga," jelasnya.

Baca juga : Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran

Suhajar menambahkan, konsep perencanaan yang matang akan membawa dampak yang positif bagi kemajuan sebuah negara. Untuk itu, dia berharap ke depan perencanaan harus lebih efektif, sehingga mampu meningkatkan kualitas kinerja organisasi menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Dalam jiwa perencana harus ada kemauan untuk memuliakan efisiensi. Hanya negara-negara yang mampu memuliakan efisiensi akan memenangkan persaingan, hanya daerah yang mampu memuliakan efisiensi akan memenangkan persaingan," pungkasnya.

 

Artikel Terkait
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Artikel Terkini
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas