INDONEWS.ID

  • Selasa, 30/01/2024 12:02 WIB
  • Masyarakat Durian Bangko Nagari Tapi Selo Syukuran Pembangunan Jalan

  • Oleh :
    • luska
Masyarakat Durian Bangko Nagari Tapi Selo Syukuran Pembangunan Jalan

Tanah Datar, INDONEWS.ID -- Masyarakat Jorong Bangko dan Koto Baru, Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara syukuran atas  selesainya Diaspal jalan sepanjang 2,7 km dari  jorong Durian Bangko-Koto Baru tahap I yang melewati perkampungan dan lahan pertanian oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Kemudian jalan itu diresmikan dab  sekaligus diserah terima Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM Kepada masyarakat  di nagari tersebut.

Baca juga : Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak

Peresmian itu juga dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Lintau Buo Utara Edo Fakhrazi, Forkopimca, Wali Nagari se kecamatan Lintau Buo Utara, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.

Wali Nagari Tapi Selo Genta Maulana Akbar, atas nama masyarakat ungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar, yang telah dengan cepat merespon aspirasi masyarakat untuk mengaspal jalan dimaksud.

Baca juga : Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI

“Terima Kasih Pak Bupati yang telah merespon aspirasi masyarakat terkait prasarana jalan, karena ini merupakan sarana vital bagi perekonomian masyarakat, terkhusus di bidang pertanian,“

Jalan ini sebelumnya merupakan program PNPM yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nagari Tapi Selo dan Nagari Balai Tangah, dari itu masyarakat sangat berharap untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya.

Baca juga : Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni

“Untuk kegiatan tahun 2023, tidak hanya pembangunan jalan yang dilaksanakan di Nagari Tapi Selo, namun banyak lagi yang menjadi skala prioritas baik itu dana pusat, provinsi juga daerah,” ucapnya.

Untuk kegiatan tahun 2024, tambah Genta, sudah dianggarkan untuk pengaspalan jalan Mudiak Lindan-Panorama Galanggang, Jembatan Lubuak Pauah Jorong Kajai yang semenjak tahun 2017 rusak akibat galodo sampai saat belum ada diperbaiki dan direncanakan tahun 2024 akan dibangun kembali. 

Lebih jauh Genta mengatakan, pengaspalan jalan Simpang Padang Laweh-Kajai dan 1 (satu) unit mobil ambulance untuk nagari juga sudah segera dianggarkan.

“Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat juga sudah mengalokasikan dana diantara untuk pembangunan kantor wali nagari, dan dana aspirasi dari tokoh masyarakat untuk rabat beton jalan dari Durian Bangko-Mudiak Lindan dan juga ada pembangunan beberapa saluran irigasi melalui program P3A,” sampainya.

 Bupati Tanah Datar Eka Putra  menyampaikan, jika saat ini diresmikan pemakaian jalan ini tahap 1, tentu ada tahap selanjutnya atau tahap dua yang akan dilanjutkan di tahun 2025 dan itu juga sudah dianggarkan.

“Dengan selesainya pembangunan jalan iini, tentu cost nya akan lebih murah dan lebih menguntungkan petani. Biasanya, hasil panen seperti padi diangkut dengan dipikul yang mana biayanya tinggi, sekarang sudah bisa dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,“ 

Ke depannya kegiatan pertanian tentu akan semakin meningkat dengan akses transportasi jalan yang sudah lancar, diiringi dengan Program Unggulan (Progul) Bajak Sawah Gratis, Perbaikan Jaringan Irigasi, Asuransi Padi, Peternakan dan Kuota Pupuk Bersubsidi.

“Pergunakanlah progul-progul yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah ini, karena ini semua gunanya untuk kesejahteraan masyarakat,“ imbuhnya.

Bupati Eka Putra juga sebutkan, berbagai progul lainnya seperti di bidang keagamaan, Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah, dimana saat ini sudah lebih 18 ribu anak-anak Tanah Datar sudah penghfal Al Qur'an. Dibidang pariwisata Satu Nagari Satu event dan berbagai progul lainnya.

Tokoh masyarakat Datuak Jindo Besar yaitu ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah membangun jalan yang selama ini diidamkan masyarakat.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Bupati Tanah Datar Temui Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI
Aspresiasi, Perantau Padang Magek Kecamatan Rambatan Lakukan Bedah Rumah Layak Huni
Artikel Terkini
Kunker ke Halmahera Timur, Kepala BSKDN Beberkan Strategi Menjaga Keberlanjutan Inovasi
Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Top! Pemerintah Pastikan Program KUR Semakin Inklusif, Jangkau Penyandang Disabilitas dan Pelaku UMKM Perempuan
Nilai Ekspor Sumsel Maret 2024 Naik 12,94 Persen
Pj Gubernur Agus Fatoni Terus Lakukan Upaya Kembalikan Status Sandara SMB II Palembang Menjadi Bandara Internasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas