INDONEWS.ID

  • Kamis, 01/02/2024 19:46 WIB
  • Luar Biasa! Desa Tengku Lese Berhasil Hentikan Laju Stunting

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Luar Biasa! Desa Tengku Lese Berhasil Hentikan Laju Stunting
Kepala Desa Tengku Lese, Adrianus Sadu, S.H

Ruteng, INDONEWS.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menurunkan jumlah angka stunting pada tahun 2023.

Dalam Rilis yang dikeluarkan Kepala Desa Tengku Lese, Adrianus Sadu, S.H menyebutkan pada tahun 2022 ditemukan 42 orang anak yang mengalami stunting.

"Hasil penimbangan dan pengukuran tinggi badan oleh kader posyandu dan tenaga kesehatan desa pada bulan Agustus 2022 dan bulan Februari 2023, terdapat 42 anak mengalami stunting," kata Adrianus kepada Indonews.id, Kamis, (1/2).

Sadu menjelaskan, dengan ditemukannya kasus stunting di desanya, pihak Pemerintah Desa langsung melakukan intervensi berupa pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 42 anak-anak tersebut.

"Setelah kami intervensi dengan pemberian PMT, pengukuran pertumbuhan sejumlah anak tersebut mengalami penurunan kasus. Dari 42 kasus turun menjadi 16 orang anak saja hingga bulan Agustus 2023," ungkap Adrianus yang pernah menjadi Aktivis Wahana Visi Indonesia itu.

Dari angka tersebut, dikatakannya, pihak Pemdes Tengku Lese bertekad akan terus menekan angka pertumbuhan kasus kurang gizi anak-anak dan ibu Hamil di wilayah itu.

"Kami optimis jumlah stunting di desa kami akan terus berkurang. Setiap tahun kami plot anggaran stunting ini dari dana desa, karena ini program nasional yang harus dilaksanakan di tingkat desa. Pada tahun 2024 tetap fokus penanganan stunting. Harapannya anak- anak di desa kami tidak ada lagi yang mengalami gangguan pertumbuhan," harapnya.

Penulis: Lasarus Gon

Editor: Rikard

Artikel Terkait
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas