INDONEWS.ID

  • Senin, 04/03/2024 18:23 WIB
  • Rakornas Satpol PP dan Satlinmas, Plh Dirjen Bina Adwil Berikan Apresiasi Kesuksesan Pengamanan Pemilu 2024

  • Oleh :
    • luska
Rakornas Satpol PP dan Satlinmas, Plh Dirjen Bina Adwil Berikan Apresiasi Kesuksesan Pengamanan Pemilu 2024

Padang, INDONEWS.ID - Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Amran memberikan apresiasi kepada jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atas suksesnya keamanan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Amran saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satpol PP di Hotel Tuntrum, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (2/3/2024). Kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas. Tema yang diusung pada tahun ini yakni Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Menciptakan Ketenteraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024.

Baca juga : Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Satpol PP dan Satlinmas yang telah berperan aktif dalam menciptakan ketertiban dan ketenteraman umum selama pemilu berlangsung, sehingga baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif dapat berjalan secara kondusif," katanya.

Di hadapan Kepala Satpol PP seluruh Indonesia, Amran mengatakan, Satpol PP berperan penting dalam mengawal trantibumlinmas selama pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, yakni dengan melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala potensi gangguan trantibumlinmas. Mengacu pada Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), didapatkan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan yang dirilis oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada tanggal 11 Februari 2024, terdapat sebanyak 6.904 TPS yang berpotensi terjadi gangguan Trantibumlinmas.

Baca juga : Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas

Amran menambahkan, selain Satpol PP, terdapat peran penting Satlinmas dalam mendukung pelaksanaan pemilu. Hal ini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa petugas kemananan, ketenteraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari Satlinmas sebanyak 2 personel. Dari Data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Pemilu tahun 2024 terdapat 820.161 TPS. Dengan demikian jumlah keterlibatan Satlinmas di TPS sebanyak 1.640.332 personel.

Selain menyampaikan apresiasi terhadap peran penting Satlinmas dalam mensukseskan Pemilu 2024, Amran turut berduka cita atas meninggalnya 24 anggota Satlinmas selama bertugas mengamankan pelaksanaan Pemilu.

Baca juga : Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran

"Hal ini menjadi evaluasi bersama, ke depannya diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan kondisi kesehatan Satlinmas yang ditugaskan dan memberikan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja," ujarnya.

Amran meminta agar seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan kewenangannya. Dia juga meminta seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk turut serta melakukan pengamanan serta antisipatif terhadap potensi gangguan Trantibum pada setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Di sisi lain, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang turut memberikan sambutan juga menyampaikan, Satpol PP dan Linmas sebagai aparat penyelenggara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, harus terus berada dalam kondisi siaga agar pelaksanaan Pilkada tahun 2024 dapat berjalan lancar dan aman.

 

Artikel Terkait
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Lepas Suhajar sebagai Sekjen Kemendagri, Mendagri Apresiasi Kinerja dan Loyalitas
Purna Tugas sebagai Sekjen Kemendagri, Suhajar Sampaikan Terima Kasih kepada Mendagri dan Jajaran
Artikel Terkini
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Pertemuan Menko Airlangga Meminta dengan Menteri Iklim, Lingkungan dan Energi Inggris
Inggris Memberikan Dukungan dan Berbagai Pengalaman dengan Indonesia untuk Bergabung Ke CPTPP
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas