INDONEWS.ID

  • Kamis, 21/03/2024 09:50 WIB
  • Ternyata Ini Manfaat Mandi Air Hangat Malam Hari

  • Oleh :
    • very
Ternyata Ini Manfaat Mandi Air Hangat Malam Hari
Mandi air hangat di malam hari ternyata memiliki banyak manfaat. (Ilustrasi : Freepik)

Jakarta, INDONEWS.ID - Mandi air hangat memiliki daya relaksasi yang luar biasa dan seringkali dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengatasi stres sepanjang hari.

Mandi air hangat di malam hari masih sering kali menjadi perdebatan, dan banyak yang bertanya-tanya apakah hal ini aman atau malah bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Ini 5 Fitur Unggulan iPhone 15 Pro Max yang Perlu Anda Ketahui

Menurut Dr. Alicia Arnold, seorang ahli kesehatan kulit di Cleveland Clinic, "Mandi air hangat di malam hari dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Proses mandi dapat membantu menurunkan suhu tubuh, yang pada gilirannya memicu tubuh untuk bersiap tidur".

Selain itu, Dr. Mei Lin, seorang dokter keluarga di Mount Sinai Doctors, menambahkan, "Mandi air hangat di malam hari juga dapat membantu melembabkan kulit, terutama jika diikuti dengan penggunaan pelembab setelah mandi. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama di musim dingin atau di daerah yang memiliki udara kering".

Baca juga : Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria

Lebih lanjutnya, berikut adalah beberapa manfaat dari mandi air hangat malam hari beserta tips mandi air hangat malam hari yang aman : 

  1. Relaksasi Sebelum Tidur

Mandi air hangat dapat membantu tubuh dan pikiran bersantai. Jika mandi air hangat dilakukan sebelum tidur,  dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengurangi stres yang mungkin terakumulasi sepanjang hari.

Baca juga : Tingkatkan Penjualan dengan Chatbot WhatsApp CRM dari Kommo: Bisnis Monoton? Perbaiki dan Berikan Inovasi Baru Melalui Komunikasi!
  1. Mengurangi Ketegangan Otot

Mandi air hangat sebelum tidur adalah cara yang efektif untuk meredakan ketegangan otot yang mungkin muncul setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan otot sebelum tidur.

  1. Penghilang Kelelahan

Mandi air hangat dapat memberikan efek menyegarkan, membantu menghilangkan kelelahan fisik dan mental. Jika mandi air hangat dilakukan ketika malam hari, akan membuat Anda merasa lebih segar dan siap menghadapi hari berikutnya.

  1. Peningkatan Sirkulasi Darah

Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah ini dapat membawa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, sehingga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

 

Tips Mandi Air Hangat di Malam Hari yang Aman

  1. Pola Tidur

Mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh sementara. Beberapa orang mungkin merasa mengantuk setelah mandi, tetapi bagi yang lain, ini dapat mempengaruhi pola tidur. Jika Anda merasa sulit tidur setelah mandi malam hari, pertimbangkan untuk mandi lebih awal.

  1. Kesehatan Kulit

Mandi air hangat dapat mengeringkan kulit. Penting untuk menggunakan sabun dan produk perawatan kulit yang lembut serta menggunakan pelembab setelah mandi air hangat di malam hari untuk menjaga kelembaban kulit.

  1. Kontraindikasi Medis

Seseorang dengan kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mandi air hangat di malam hari, terutama jika mandi dengan air yang sangat panas.

  1. Waktu Mandi

Mandi air hangat di malam hari sebaiknya dihindari setelah aktivitas fisik intensif, karena suhu tubuh mungkin sudah tinggi dan mandi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh lebih lanjut.

Secara garis besar, mandi air hangat malam hari memang memiliki sejumlah kelebihan, terutama dalam meredakan stres dan mempersiapkan tubuh untuk tidur. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan dan kondisi tubuh yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh Anda merespon mandi air hangat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kesehatan pribadi Anda.

 

Mandi Air Hangat Malam Hari Tidak Perlu Repot lagi dengan Ariston Water Heater

Mandi air hangat di malam hari mungkin terasa merepotkan bagi sebagian orang karena harus merebus air terlebih dahulu, namun hal itu terpatahkan dengan hadirnya Ariston water heater.

Dalam menyediakan solusi yang nyaman dan praktis untuk mandi air hangat, Ariston Water heater muncul sebagai pilihan terdepan untuk memanjakan Anda tanpa harus repot ketika ingin mandi air hangat malam hari.

Dengan Ariston Water Heater, proses persiapan air hangat menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak perlu menunggu lama atau mengeluarkan tenaga ekstra, Anda dapat menikmati air hangat kapan saja, termasuk di malam hari ketika tubuh membutuhkan momen relaksasi.

Hal ini karena produk Ariston yang mengusung teknologi canggih dari Italia dapat memproduksi air hangat secara cepat dan dengan suhu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tidak hanya itu saja, Ariston juga mengusung smart water heater pertama di Indonesia yang dilengkapi aplikasi Ariston Net, yakni aplikasi pintar yang menawarkan kontrol mudah dan bantuan cepat dari jarak jauh, memungkinkan penghematan energi untuk gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Aplikasi ini dapat mengatur jadwal pemanasan air, mengubah mode operasi, mengontrol suhu pemanas dan suhu air panas, menyesuaikan suhu di dalam ruangan dan memastikan pemanas hanya menyala ketika Anda membutuhkannya.

Dengan Ariston Water Heater, mandi air hangat di malam hari tidak lagi menjadi urusan yang merepotkan dan Anda bisa menikmatinya kapan saja. ***

Artikel Terkait
Ini 5 Fitur Unggulan iPhone 15 Pro Max yang Perlu Anda Ketahui
Prof Tjandra: Lima Komponen Penting Pengendalian Malaria
Tingkatkan Penjualan dengan Chatbot WhatsApp CRM dari Kommo: Bisnis Monoton? Perbaiki dan Berikan Inovasi Baru Melalui Komunikasi!
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas