INDONEWS.ID

  • Rabu, 27/03/2024 13:34 WIB
  • Menparekraf Dorong Dunia Usaha Manfaatkan KI Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi

  • Oleh :
    • karim
Menparekraf Dorong Dunia Usaha Manfaatkan KI Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong dunia usaha termasuk BUMN untuk memanfaatkan kekayaan intelektual (KI) karya kreator lokal dalam melakukan strategi promosi juga branding.

Menparekraf Sandiaga dalam “Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (26/03/2024), mengatakan Indonesia memiliki potensi kekayaan intelektual yang sangat beragam.

Baca juga : Melalui Pelatihan Ekspor AKI, Menparekraf Nilai Ekspor Ekraf Meningkat Hingga 28 Miliar Dolar AS

Potensi ini perlu dioptimalisasi melalui inovasi dan penguatan promosi terhadap pasar atas karyanya, salah satunya melalui temu bisnis ini.

“Ini merupakan komitmen kami di Kemenparekraf untuk mengembangkan komersialisasi KI lokal. Sehingga bisa bersaing dengan KI internasional," kata Sandiaga.

Baca juga : Wamen Kemenparekraf/Baparekraf: Industri Kuliner Sebagai Diplomasi Budaya Nasional

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan dalam event ini pihaknya mempertemukan para kreator KI lokal dengan dunia usaha dan BUMN. Sehingga pasar dari para kreator lokal ini bisa semakin besar dengan membuka potensi kerja sama antara kreator lokal dan dunia usaha.

Ia pun mendorong agar kreator lokal dapat terus melakukan inovasi dan memperkuat promosi karya ke pasaran.

Baca juga : Temui Nasabah Mekaar di Bayuwangi, Menparekraf Apresiasi PNM Bantu Permodalan Pelaku Ekraf

"Bersama Kementerian BUMN, kami mendorong agar produk-produk KI lokal dimanfaatkan oleh BUMN dan BUMD untuk branding, promosi, penguatan produk, dan membangkitkan semangat penggunaan produk buatan Indonesia," katanya.

Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari mengatakan pihaknya berkomitmen memajukan KI lokal melalui berbagai kerja sama antara BUMN dengan kreator KI lokal.

“Ke depannya kami dari Kementerian BUMN juga memastikan agar BUMN memanfaatkan KI lokal untuk mempromosikan produk-produk dari BUMN," ujar Rabin.

Acara ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Menparekraf Bidang Inovasi dan Kreativitas, Restog Krisna Kusuma; Staf Ahli Menparekraf Bidang Pengembangan Usaha, Masruroh; serta sejumlah perwakilan dari pelaku KI lokal.

 

Sumber: I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Artikel Terkait
Melalui Pelatihan Ekspor AKI, Menparekraf Nilai Ekspor Ekraf Meningkat Hingga 28 Miliar Dolar AS
Wamen Kemenparekraf/Baparekraf: Industri Kuliner Sebagai Diplomasi Budaya Nasional
Temui Nasabah Mekaar di Bayuwangi, Menparekraf Apresiasi PNM Bantu Permodalan Pelaku Ekraf
Artikel Terkini
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Wawancara Khusus Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Tentang BLBI
Efferty Susu Kambing Malaysia, Solusi bagi Pasutri yang ingin Keturunan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas