INDONEWS.ID

  • Jum'at, 19/04/2024 22:35 WIB
  • Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

  • Oleh :
    • very
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Iran menyerang Israel. (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi perlu segera menghubungi Menteri Luar Negeri Iran dan meminta agar Iran tidak melakukan serangan balik. Pasalnya, hal tersebut bisa memicu perang lebih besar.

“Sebagai kompensasi Ibu Menlu menilpun Menlu AS, China, Rusia, Prancis, Inggris agar membawa serangan Israel ke DK PBB dan mengutuk serangan disertai sanksi,” ujar Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (19/4).

Baca juga : Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani itu mengatakan, Menlu juga harus menyakinkan 5 negara yang memiliki veto agar mereka meminta memastikan Israel untuk menghentikan serangan ke Gaza atau menghadapi konsekuensi Iran melakukan serangan balasan ke Israel.

“Bila langkah ini tidak diambil oleh negara-negara anggota tetap DK PBB maka perang di Timur Tengah akan bereskalasi dan berdampak buruk pada perdamaian dunia,” ujarnya.

Baca juga : Serangan Iran ke Israel Berkaitan dengan Kedaulatan Negara

Seperti diketahui, Israel meluncurkan rudal yang merupakan serangan balasan terhadap Iran pada Jumat dini hari. Demikian diungkap pejabat senior AS kepada ABC News.

Peluncuran rudal tersebut menyusul serangan Iran pada Sabtu lalu yang mengirimkan lebih dari 300 drone dan rudal tanpa awak ke sasaran.

Sementara itu, sebuah ledakan terdengar di kota Ghahjaworstan di Iran, terletak di barat laut kota Isfahan, menurut kantor berita semi-resmi Iran FARS, mengutip sumber-sumber lokal.

"Kota Ghahjaworstan terletak di dekat Bandara Isfahan dan pangkalan kedelapan Angkatan Udara," lapor FARS, dikutip CNN International. ***

Baca juga : Serangan Israel Terhadap Kedubes Iran Dapat Memicu Perang Dunia III
Artikel Terkait
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Serangan Iran ke Israel Berkaitan dengan Kedaulatan Negara
Serangan Israel Terhadap Kedubes Iran Dapat Memicu Perang Dunia III
Artikel Terkini
Warung NKRI Digital, Cara BNPT Kolaborasikan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Era Digitalisasi
Bahas Revitalisasi Data, Pj Bupati Maybrat Rapat Bersama tim Badan Pusat Statistik Setempat
Mendagri Atensi Keamanan Data Pemilih pada Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024
Kemendagri Serahkan DP4 kepada KPU sebagai Bahan Penyusunan DPT Pilkada Serentak 2024
Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD, Indonesia Perkuat Komitmen Konstitusional Berpartisipasi Aktif dalam Tatanan Dunia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas