INDONEWS.ID

  • Kamis, 05/10/2017 21:41 WIB
  • REMBUK DAERAH 2017, Pembangunan Sumber Daya Manusia Terbarukan dan Pendidikan Vokasi

  • Oleh :
    • hendro
REMBUK DAERAH 2017, Pembangunan Sumber Daya Manusia Terbarukan dan Pendidikan Vokasi
Kegiatan Rembuk Daerah 2017 di Unversitas Dipenogoro Semarang, Rabu (4/10/2017)

Jakarta, INDONEWS.ID-  Menjelang 3 tahun masa Pemerintahan Jokowi-JK, tepatnya bulan Oktober 2017 sudah banyak sekali pencapaian yang telah dilakukan. Hal ini layak untuk diapresiasi oleh masyarakat Indonesia yang mulai menikmati hasil kerja keras dan cepat yang dilakukan bersama. Demikian diungkapkan Wakil Bidang Pendidikan Rembuk Nasional Deza Ghazfan.

Menurut Deza, ada tiga bidang utama menurut  laporan  Kantor  Staf  Presiden  Republik Indonesia, yakni  percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan manusia, dan melakukan deregulasi kebijakan ekonomi. 

Deza menjelaskan, Rembuk Nasional adalah pertemuan para akademisi, praktisi, analis, pelaku usaha, asosiasi, profesi, mahasiswa, LSM, budayawan, seniman, awak media dan masyarakat umum yang akan merembukan berbagai topik permasalahan yang menjadi prioritas pembangunan serta masalah aktual.

Rembuk Nasional 2017  ini, kata Deza, akan memdalami 12 Bidang Rembuk (BR) terkait pembangunan dan masalah nasional yang perlu mendapat perhatian khusus yang akan diusulkan sebagai bahan perbaikan dan percepatan  untuk  2  tahun ke  depan.bidang rembuk adalah bidang Rembuk tersebut adalah BR#1 Pengelolaan Polhukam  dan Ketahanan Nasional, BR#2 Merawat Kebhinnekaan dan Memperkokoh NKRI, BR#3 Menata  Ekonomi, Industri  dan Perdagangan,  BR#4  Mempercepat Pembangunan Infrastruktur dan  Konektifitas, BR#5 Menuju Kedaulatan dan Mengelola Keamanan Pangan, BR#6 Menata  Pertambangan dan Ketahanan  Energi  Nasional, BR#7 Kemaritiman dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan, BR#8 Menata Lingkungan, Kehutanan dan Pertanahan,  BR#9 Kesehatan  Masyarakat  dan Kesejahteraan  Sosial, BR#10 Pembangunan Sumber Daya Manusia Terperbarukan dan Pendidikan Vokasi, BR#11 Membangun Desa Berbasis Wisata, Budaya dan Industri Kreatif, dan BR#12 Cyber Resilience: Melindungi Pengelolaan Data dan Diseminasi Informasi Nasional.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Rembuk Nasional tahun ini, kata Deza, akan dilakukan dalam 2 tahap  yaitu  Rembuk  Daerah  (RD) dan Rembuk  Pusat.  Rembuk Daerah dilaksanakan di 16 Perguruan Tinggi di 14 Provinsi diantaranya adalah Universitas Cendrawasih- Jayapura (Papua),

Univ.  Pattimura  (Ambon),  Univ.  Hassanudin  (Makassar),  Univ.  Samratulangi  (Manado), Univ. Mulawarman (Samarinda), Univ. Udayana (Bali), Univ. Airlangga  (Surabaya), Univ. Gajah Mada (Yogyakarta),  Univ.  Diponegoro  (Semarang),  ITB   (Bandung),  UI  (Depok),  IPB (Bogor), Univ.Sriwijaya (Palembang), Univ. Andalas (Padang), Univ. Sumatera Utara (Medan), dan Univ. SyiahKuala (Banda Aceh). Rembuk  Daerah BR#10 diselenggarakan  pada  tanggal 4  Oktober  2017  di  Kampus  Pleburan, Universitas Diponegoro Semarang yang diikuti dengan kunjungan kerja ke 4  SMK unggulan di kota Kudus.

“Permasalahan, rekomendasi, dan situasi yang di diskusikan di setiap FGD ini akan menjadi bahan masukan untuk REMBUKNAS, yang nantinya dirumuskan menjadi rekomendasi kepada Presiden Jokowi,” ujar Deza dalam siaran tertulisnya yang diterima INDONEWS, Kamis (5/10/2017)

Diantara rekomendasi dan masukan yang terekam dalam rembuk daerah ini termasuk: kebutuhan mapping pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri dan ketersediaan SDA lokal,pendidikan karakter adalah dimensi yang sangat perlu diperhatikan dalam rangka membangun sumber  daya manusia  terbarukan,  dan  banyak  lagi permasalahan mengenai  mutu,  mengenai akreditasi mengenai kelembagaan maupun kebijakan.

 

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Direktur Indo Barometer M Qodari dan Demokrat Tanggapi Gugatan Uji Materi Dr Audrey Agar Pelantikan Prabowo Dipercepat
Mungkinkan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Bisa Dipercepat? Simak Penjelasannya!
WWF ke-10 di Bali, Deklarasi Menteri Resmi Diadopsi 133 Negara dan Organisasi Internasional
Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Maybrat Lakukan Study Tour ke Minahasa Tenggara
Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional di Kabupaten Maybrat: Menuju Indonesia Emas
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas