INDONEWS.ID

  • Rabu, 18/10/2017 23:36 WIB
  • Astra Apresiasi 7 Mutiara Bangsa Tingkat Nasional, Tahun Ini Ada 82 Penerima Tingkat Provinsi

  • Oleh :
    • budisanten
Astra Apresiasi 7 Mutiara Bangsa Tingkat Nasional, Tahun Ini Ada 82 Penerima Tingkat Provinsi
Presdir PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto memberikan trofi kepada Anjani Sekar Arum, penerima apresiasi favorit pilihan publik. (Foto : budsan)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tidak mudah menemukan ‘mutiara bangsa’ yang terpendam di dalam lumpur. Melalui serangkaian upaya seperti penjaringan awal, seleksi persyaratan, peninjauan lokasi, analisis proses kerja serta dampak program bagi masyarakat sekitar melalui wawancara komprehensif dengan pihak terkait, Dewan Juri akhirnya memilih 7 ‘mutiara bangsa’ tingkat nasional dari 82 penerima tingkat provinsi yang berasal dari Sabang sampai Merauke.

Ketujuh pemuda-pemudi, yang kebanyakan didaftarkan oleh orang lain untuk mengikuti kompetisi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2017, pada hari ini (18/10) menerima apresiasi sebagai penghargaan, karena telah menginisiasi program pemberdayaan masyarakat yang bekerja dalam ‘sunyi’ (tanpa pamrih).

Setiap penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 akan menerima dana pengembangan kegiatan sebesar Rp 60 juta (naik dari Rp55 juta, seiring dengan HUT ke-60 Astra) agar kegiatan mereka dapat berkelanjutan.

Penyangi bersuara emas, Lea Simanjuntak menyejukkan dengan 2 lagu yang dibawakan

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dari penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 sejalan dengan empat bidang kontribusi sosial yang telah dilaksanakan Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, serta tambahan untuk kategori Teknologi dan Kelompok.

“Mereka memiliki kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar tanpa memikirkan keuntungan pribadi yang akan diterimanya. Itu adalah wujud kunci utama dimana memberi kebahagiaan bagi orang lain, maka secara tidak langsung kebahagiaan akan mereka miliki. Astra mengapresiasi tindakan mereka melalui ajang ini dan akan mendampingi pengembangan kegiatan selanjutnya,” ujar Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto.

Dalam proses pencarian, Astra didukung oleh Dewan Juri yang kompeten dan memiliki nilai-nilai sejalan dengan filosofi Astra. Mereka adalah Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia Prof. Emil Salim, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Nila F. Moeloek, Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Tri Mumpuni dan Pakar Teknologi Informasi Onno W. Purbo.

“Astra mencari anak¬-anak muda yang memiliki semangat me¬nyala. Anak-anak muda yang mengerjakan tugas di ambang batas/beyond duty. Kami tidak mencari orang yang bekerja dengan biasa, tapi mencari tokoh-tokoh yang menginspirasi banyak orang karena kecintaannya terhadap pekerjaan¬nya,” tambah Emil Salim.

Melonjak 38,15% Jadi 3.234 Orang
Selama masa pencarian lima bulan, jumlah pendaftar program SATU Indonesia Awards 2017 yang ditutup pada tanggal 10 Agustus 2017 melonjak 38,15% menjadi 3.234 orang dibandingkan 2.341 pendaftar pada 2016.

Pendaftar terbanyak tahun ini berasal dari bidang kewirausahaan yaitu 1.455 orang, diikuti 1.130 pendaftar dari bidang pendidikan, 400 pendaftar dari bidang lingkungan, 132 pendaftar dari bidang teknologi, dan 117 pendaftar dari bidang kesehatan. Jumlah peserta juga masih didominasi peserta individu sebanyak 2.045 orang, disusul peserta kelompok sebanyak 1.189 orang. Pendaftar pria juga masih menjadi peserta mayoritas dengan jumlah pendaftar 2.204 orang, sementara peserta wanita sebanyak 1.030 orang.

 

Cak Lontong dan Hesti Purwadinata, sebagai host membuat segar suasana

Pemenang Tingkat Provinsi
SATU Indonesia Awards juga berusaha menerapkan inovasi dalam penyelenggaraannya. Karena itulah, dengan berdasar hasil review panitia dan dewan juri, mulai tahun ini, SATU Indonesia Awards mulai mengangkat para penerima apresiasi dari masing-masing provinsi. Total ada 82 anak muda dari 30 provinsi (lihat booklet SATU Indonesia Awards 2017) di seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan dalam lima bidang kategori SATU Indonesia Awards, sementara empat provinsi lain yakni, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Papua dan Papua Barat, belum memiliki wakil karena belum memenuhi persyaratan nilai minimum.

Dari 82 pemenang provinsi ini, terpilihlah tujuh ‘mutiara bangsa’ yang dinilai telah menyebarkan inspirasi bagi sekitarnya. Berikut rinciannya:

Bidang Kesehatan:
Tahun ini, ada dua penerima apresiasi bidang kesehatan. Mereka adalah:
1. “Relawan Edukasi Preventif Bahaya Human Trafficking dari Tambolaka”, Ronaldus Asto Dadut – Tambolaka, Nusa Tenggara Timur.
Diawali keprihatinan yang ia rasakan saat menjemput buruh mi¬gran yang dipulangkan dari Malaysia, mahasis¬wa Fakultas Kesehatan Masyarakat Univer¬sitas Nusa Cendana ini mendirikan komunitas untuk mengedukasi warga pedalaman di Sumba Barat Daya mengenai kesehatan dan human trafficking (penjualan manu¬sia). Jaringan Relawan untuk Kemanu¬siaan (J-RUK) Sumba didirikan tahun 2012 dengan gerakan Stop Bajual Orang.

Selain memberikan sosialisasi melalui video, Asto juga melakukan upaya kuratif, seperti penanganan psikologis untuk para mantan buruh dan pendampingan bagi anak-anak prasejahtera yang sakit agar di¬rawat atau dirujuk ke rumah sakit.

2. “Pendamping Masalah Kejiwaan”, Triana Rahmawati – Surakarta, Jawa Tengah
Triana Rahmawati menunjukkan kepeduliannya terhadap orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) yang banyak ia temui di sekitaran kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bersama dua teman kampusnya, Febrian¬ti Dwi Lestari dan Wulandari, gadis kelahiran 15 Juli 1992 ini, membentuk Embrio Griya Sc¬hizofren dengan filosofi Social, Humanity Friendly pada tahun 2013.

Mereka ingin menggugah kesadaran ma¬syarakat dan keluarga un¬tuk menerima dan memer-hatikan penderita ODMK. Salah satu tempat yang di¬gunakan penggagas Griya Schizofren untuk melaku¬kan aktivitasnya adalah Griya PMI Peduli Solo yang bekerja sama dengan Dinas Sosial Solo untuk merawat ODMK yang terjaring saat razia di jalanan dan ODMK yang keluarganya tidak mampu. Griya PMI Solo saat ini merawat 150 jiwa ODMK yang mereka sebut sebagai warga dengan berbagai tingkat kondisi penyakit ke¬jiwaan.
Bidang Pendidikan:

3. “Sang Pencerdas Anak Petani dari Gowa”, Jamaluddin – Gowa, Sulawesi Selatan
Tanah kelahiran Jamaluddin, Desa Kanre¬apia di Gowa, Sulawesi Selatan, berada di dataran tinggi dengan tanah yang subur. Desa ini dikenal sebagai desa dengan ting¬kat ekonomi cukup baik dimana pertanian menjadi sektor utama yang menopang penghasilan daerah. Sayangnya, meskipun secara ekonomi mencukupi, ting¬kat pendidikan masyarakat di sana masih sangat rendah. Banyak ditemui anak yang baru SD kelas 2 sudah putus sekolah kemu¬dian memilih bekerja. Penduduk desa juga tidak terlalu berminat memberikan pendidikan un¬tuk-anak-anak mereka dan lebih suka langsung meni¬kahkan anaknya pada usia belia.

Adalah Jamaluddin yang tergerak hatinya untuk memberikan edukasi tentang pen¬tingnya pendidikan dan literasi. Pada 2011, dia mulai mengenalkan pentingnya membaca dan berorganisasi ke¬pada para petani. Hal ini terus dilakukan hing¬ga akhirnya pada 2016 terwujudlah Ruman Koran sebagai tempat para petani membaca dan belajar berorganisasi. Rumah Koran dapat diartikan sebagai rumah untuk membaca, menggali informasi, pengetahuan, berdiskusi, serta belajar mengeja dan membaca buku melalui surat kabar harian (koran).
Bidang Lingkungan:

4. “Transformer Pembalak Liar”, Ritno Kurniawan – Padang Pariaman, Sumatra Barat
Hati Ritno Kurniawan tersentuh ketika melihat dengan mata kepala sendiri rusaknya lingkungan dan kekayaan hayati hutan adat Gamaran serta Bukit Barisan di daerah kelahirannya di Padang Pariaman akibat pembalakan liar. Setiap hari, sekitar 10-15 gelondong kayu dihanyutkan di sungai yang airnya sangat jernih. Ia khawatir, jika terus dibiarkan, sungai yang jernih akan berubah keruh, bahkan kering, dan pemandangan pohon yang rimbun ber-ganti menjadi tanah gersang.

Berawal dari kegelisahan ini, Ritno ter¬pacu untuk bertindak. Ia memiliki ide “menjual” potensi ekowisata di korong (du¬sun) Gamaran Lubuk Alung, Padang Pari¬aman, dengan wisata Air Terjun Nyarai. Meski awalnya kehadiran Ritno dicurigai warga, ia akhirnya mulai diterima dan diizinkan untuk membuka jalur tracking ke Air Terjun Nyarai.

Dalam hitungan bulan, pengun¬jung sudah mencapai 25-30 orang. Masyarakat akhirnya melihat, dengan menjadi pemandu wisata, mereka bisa mendapatkan uang yang sama, bahkan lebih besar, daripada ketika mereka menebang pohon. Oleh dinas terkait, Ritno disarankan untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se¬hingga pada 2013 terbentuk Pokdarwis bernama LA Adventure (Lubuk Alung Adventure). Kini, LA Adventure sudah memiliki kurang lebih 170 pemandu.

Bidang Kewirausahaan:
5. “Anjani, Si Batik Bantengan”, Anjani Sekar Arum – Malang, Jawa Timur
Batik Bantengan adalah hasil gabungan dari bakat, keahlian, ketekunan dan cinta. Anjani Sekar Arum memulainya pada Agustus 2014 dengan mendirikan sanggar dan galeri batik Andaka di Kota Batu, Malang. Ia kemudian mendesain sendiri motif kain batik Bantengan. Mewarisi bakat melukis ayahnya, perempuan 26 tahun ini juga mengasah keahliannya di Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pada 2010, Anjani mulai membatik dan baru membuat pameran empat tahun kemudian. Pada satu kesempatan, istri Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengajaknya pameran di Praha, Republik Ceko. Dua pekan menuju hari H, Anjani hanya sanggup membuat 10 lembar kain. Ternyata tidak mudah mencari pembatik yang tekun dan bagus. Tak lantas patah semangat mencari pembatik, pada 2015 ia bertemu dengan Aliya, gadis berusia 9 tahun yang tertarik mempelajari cara membatik. Sejak itu, Anjani memilih melatih anak-anak menjadi pembatik di sanggarnya.

Sampai kini, sudah 58 anak yang belajar di sanggarnya, 28 di antaranya menjadi pembatik aktif. Setiap bulan, Sanggar Andana rata-rata menghasilkan 45 lembar kain batik. Setiap lembar dijual Rp 300 ribu-750 ribu. Dari setiap kain yang terjual, Anjani hanya mengambil 10 persen. Uang itu digunakannya untuk membeli kain, pewarna, dan perlengkapan lain. Selebihnya menjadi hak para pembatik anak-anak. Tak jarang, Anjani menguras gajinya yang tak seberapa sebagai guru honorer di SMPN I Batu untuk menambal berbagai biaya sanggarnya.

 

Manajemen PT Astra International, para juri dan pemenang apresiasi Anak Bangsa SATU Indonesia Awards 2017.

Bidang Teknologi:
6. “Pembaru VCO dari Tadulako”, Bambang Sardi – Palu, Sulawesi Tengah
Selama setahun, Bambang Sardi mencoba metode baru pembuatan minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO). Dosen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako, Palu, ini menggunakan metode fermentasi anaerob dan tidak menggunakan pemanasan dalam pembuatan VCO. Selama ini, masyarakat Sulawesi Tengah memakai cuka dan pemanasan untuk memproduksi VCO. Pria 31 tahun ini tertantang mengoptimalkan pemanfaatan kelapa yang melimpah ruah di daerahnya.

Setelah melakukan percobaan berulang kali, Bambang akhirnya bisa memproduksi VCO pada 2016. Metode fermentasi anaerob adalah fermentasi yang tidak menggunakan bakteri dan tidak memerlukan oksigen dalam proses penguraian. Dalam pembuatan VCO ini pula, Bambang memanfaatkan seluruh material yang berasal dari buah kelapa, seperti air kelapa dan ampas kelapa, sehingga tidak ada yang terbuang percuma.

Untuk mendapatkan VCO murni, Bambang menggunakan kertas saring Whatman No. 40 sebanyak enam lapis. Produk ini memiliki kandungan asam laurat yang lebih tinggi, di atas 50%. Asam laurat ini dapat berfungsi, antara lain, sebagai anti virus, anti jamur dan anti bakteri.

Kategori Kelompok:
7. “Penyuluh Penangkapan Ikan Sidat Ramah Lingkungan”, PPILAR – Bengkulu, Provinsi Bengkulu
Tiga pemuda bergabung dalam Pelopor Penangkapan Ikan Sidat Liar (PPILAR) di Bengkulu. Mereka adalah Randi Putra Anom, Akri Erfianda dan Rego Damantara. Sejak 2016, mereka mensosialisasikan penangkapan ikan sidat ramah lingkungan dengan alat tradisional, Bubu, kepada nelayan Desa Rawa Makmur dan Arga Makmur, Bengkulu. Ikan sidat masih hidup ketika ditangkap. Dalam keadaan hidup, ikan sidat dihargai cukup mahal, Rp45.000 per kilogram. Kualitasnya pun lebih baik, dan ikan sidat bisa dibesarkan hingga layak konsumsi (200 gram).

Sebelum ini, sejak 2006, kebanyakan nelayan di sana menggunakan setrum sehingga ikan hasil tangkapan mereka dalam keadaan mati. Harganya pun hanya Rp20 ribu per kilogram. Selain itu, sebagian ikan sidat yang dibesarkan akan dilepaskan kembali ke muara.
Kini sudah 20 nelayan yang bergabung di PPILAR, 15 orang di Kota Bengkulu, di Bengkulu Utara sebanyak 2 orang, dan di Bengkulu Selatan sebanyak 3 orang. Rata-rata, seorang nelayan bisa menangkap 15-25 kg ikan sidat per minggu.

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”. (budsan)

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Siddharta The Musical Hadir Kembali di Jakarta, Nantikan Keseruannya
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Dampingi Petani Panen Kacang Tanah di Perbatasan RI-RDTL
Rayakan HUT Indonews.id ke-8, Pemred Asri Hadi Ajak Pembaca Setia Bantu Penderita Kanker di Indonesia, Begini Caranya!
Pj Wali Kota Kediri: Yogyakarta Punya Malioboro, Kota Kediri Punya BrantasTic
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas