Omdia: Permintaan layar OLED untuk tablet PC akan meningkat hingga 35 juta unit selambatnya tahun 2031

LONDON, 10 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Menurut penelitian baru oleh Omdia, pengiriman layar OLED untuk PC tablet diperkirakan akan meningkat hingga 35,0 juta unit selambatnya tahun 2031. Khususnya, pangsa pengiriman OLED hibrida untuk PC tablet diperkirakan akan melonjak tajam hingga 85,1% dalam jangka waktu tersebut.

OLED display shipment forecast for tablet PC
OLED display shipment forecast for tablet PC

Pasar layar OLED diperkirakan akan kembali meningkat mulai tahun 2024, terutama didorong oleh permintaan seri iPad Pro Apple. Mulai Februari 2024, LG Display dan Samsung Display memasok panel OLED mereka untuk seri Apple iPad Pro (11 inci dan 13 inci), yang telah diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2024.

"Apple menggunakan OLED hibrida untuk seri iPad Pro dengan ciri khas substrat kaca dan  terbungkus film tipis," kata Jerry Kang, Manajer Riset di praktik penelitian Layar Omdia. "Kelebihan OLED hibrid adalah tingkat hasil yang lebih stabil dan biaya produksi lebih rendah dibandingkan OLED fleksibel yang digunakan untuk memproduksi layar ukuran besar. Pada dasarnya, OLED hibrida lebih tipis dan lebih ringan dibanding OLED kaku, sehingga ruangnya lebih luas untuk komponen elektronik lain dan baterai perangkat."

Dalam sepuluh tahun terakhir, hampir semua layar OLED untuk PC tablet diproduksi dengan menggunakan teknologi stack OLED tunggal RGB dan OLED kaku, mirip layar OLED ponsel cerdas. Namun, Apple telah menggunakan OLED fleksibel untuk seri iPhone sejak tahun 2017. Hasilnya, Apple tampaknya meningkatkan performa layar OLED untuk seri iPad dengan struktur OLED yang inovatif.

"Apple juga menggunakan stack OLED tandem RGB untuk seri iPad Pro yang menampilkan dua lapisan masing-masing bahan pemancar OLED R/G/B," kata Kang. "Manfaat stack OLED tandem RGB adalah menghasilkan kira-kira dua kali lipat kecerahan dan empat kali lipat masa pakai menurut teori, dibandingkan stack OLED tunggal RGB. Meskipun stack OLED tandem RGB telah diterapkan pada OLED otomotif sejak tahun 2018, penggunaannya diperkirakan meningkat tajam karena peluang ini."

Omdia memperkirakan bahwa struktur OLED hibrida dan stack OLED tandem RGB untuk iPad Pro akan membawa perubahan pada merek perangkat dan pemasok panel lainnya. Sehingga akan menyebabkan munculnya berbagai perpaduan teknologi di layar OLED. Akibatnya, perkembangan ini akan mendorong persaingan di pasar layar OLED dalam sepuluh tahun berikutnya.

TENTANG OMDIA:

Omdia adalah bagian dari Informa Tech dan merupakan kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.

Fasiha Khan Fasiha.khan@omdia.com 

Foto - https://mma.prnasia.com/media2/2406805/OLED_display_shipment_forecast_for_tablet_PC.jpg?p=medium600
Logo - https://mma.prnasia.com/media2/2369794/4692860/Omdia_Logo.jpg?p=medium600