Bagaimana EVB Meningkatkan Mobilitas EV di Bandara Valencia, Salah Satu dari 10 Bandara Tersibuk di Spanyol?

MADRID, 29 Maret 2024 /PRNewswire/ -- Ketika perubahan iklim semakin mengkhawatirkan, tingkat penggunaan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di Spanyol pun berkembang pesat. Bandara, sentra transportasi penting, aktif mengikuti tren ini dengan mengeksplorasi model bisnis inovatif. Maka, Bandara Valencia di Spanyol berkolaborasi dengan EVB (merek dalam naungan Beny yang menyediakan solusi smart charging) untuk membangun stasiun pengisian daya baterai dengan 80 alat pengisian daya AC EV dan empat alat pengisian daya DC EV sebagai solusi yang mudah digunakan. Keberhasilan proyek ini telah merevitalisasi kegiatan operasional bandara, serta menjadi perkembangan penting bagi mobilitas listrik di Spanyol.

Apa detail dari proyek tersebut?
Lokasi:
Valencia, Spanyol.
Produk: Bandara ini menggunakan empat alat pengisian daya DC EV BADC82-D dan 80 alat pengisian daya AC EV BCPC-D2N-P. Maka, Bandara Valencia menawarkan berbagai jenis opsi pengisian daya baterai, baik untuk proses pengisian ulang daya baterai yang cepat dan lambat.
Hasil: Proses instalasi, pengetesan, dan operasionalisasi stasiun pengisian daya baterai ini berjalan dengan lancar. Alat pengisian daya baterai menempati posisi strategis di area parkir bandara sehingga memudahkan akses pengguna. Hal tersebut tak hanya meningkatkan standar layanan bandara, namun juga menghasilkan dampak positif dalam aktivitas perjalanan yang ramah lingkungan.

Bagaimana kondisi Bandara Valencia? TErletak di sisi timur kota Valencia, Spanyol, Bandara Valencia berfungsi sebagai sentra penerbangan internasional yang penting, serta memfasilitasi banyak arus penerbangan dan aktivitas logistik. Menurut data Aena pada 2023, arus penumpang di bandara ini mencapai 9,95 juta orang, dan frekuensi penerbangan mencapai 82.000, sedangkan, volume kargo mencapai 13,65 juta ton. Dengan demikian, Bandara Valencia tercantum dalam daftar 10 bandara tersibuk di Spanyol. Di tengah maraknya penggunaan EV, bandara ini membutuhkan area parkir dan fasilitas pengisian daya baterai. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, pihak manajemen bandara memperbarui fasilitas pengisian daya baterai untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengakomodasi preferensi pengguna yang kian berkembang.

Apa yang mendorong kebutuhan fasilitas pengisian daya baterai? Mengingat faktor kenyamanan, efisiensi biaya, atau adaptabilitas, semakin banyak pengguna EV memarkir kendaraannya di bandara dan mengisi ulang daya baterai. Bergantung pada durasinya, parkir kendaraan di bandara terdiri atas sejumlah kategori:
Parkir berdurasi lama: Umumnya dipilih orang yang akan menempuh perjalanan dinas atau berlibur, maka mereka membutuhkan durasi parkir yang lebih lama di bandara, berkisar satu hingga tiga hari, bahkan setengah hingga satu bulan.
Parkir berdurasi singkat: Umumnya dipilih orang yang mengantar atau menjemput teman atau anggota keluarga yang bepergian dengan pesawat terbang, atau pengunjung bandara, dengan durasi parkir satu hingga dua jam.
Durasi lain: Staf bandara juga membutuhkan parkir, biasanya ketika mereka bekerja.

Bagaimana solusi EVB memenuhi kebutuhan pengguna?
Tim EVB berdiskusi dengan pihak manajemen bandara dan menyediakan solusi pengisian daya baterai EV yang dirancang menurut kebutuhan mereka, serta sesuai dengan beragam kelompok pengguna area parkir.
Parkir Berdurasi Lama:
Kebutuhan:
Pengguna yang membutuhkan parkir berdurasi lama memprioritaskan sistem pengendalian dan manajemen jarak jauh ketimbang kecepatan pengisian daya baterai. Aspek komersial dari fasilitas parkir di bandara, pemanfaatan ruang, dan biaya investasi merupakan sejumlah faktor penting.
Soluso: Alat pengisian daya baterai BCPC-D2N-P dari EVB, dilengkapi dua soket dan dua charging gun sehingga dua kendaraan dapat melakukan pengisian daya baterai secara sekaligus guna menghemat ruang. Setiap charging gun memiliki daya pengecasan 7,4 kW, mampu memenuhi kebutuhan pengguna fasilitas parkir berdurasi lama. Karena kompatibel dengan protokol OCPP1.6J, pengguna bisa mengendalikan alat pengisian daya baterai ini dari jarak jauh dengan memakai aplikasi seluler. Maka, pengguna dapat mengelola alat pengisian daya dari mana pun. Alat pengisian daya baterai ini memiliki sederet fitur protektif sehingga meningkatkan keamanan dan pengguna pun merasa tenang sekalipun jauh dari rumah.

Parkir Berdurasi Singkat:
Kebutuhan:
Pengguna yang memarkir kendaraan hanya dalam satu hingga dua jam memprioritaskan pengisian ulang daya baterai yang cepat. Pihak bandara juga harus memaksimalkan ruang dan sarana parkir yang terbatas guna mengakomodasi semakin banyak pengguna. Pihak bandara pun membutuhkan aktivitas pemeliharaan yang mudah.
Solusi: Alat pengisian daya baterai cepat tipe DC yang dipasang di lantai BADC82-D dari EVB memiliki daya pengisian ulang yang impresif, yakni 82 kW. Dengan demikian, alat ini mampu mengisi ulang daya baterai 444 kW dalam satu jam. Dilengkapi tiga charing gun, alat ini dapat mengisi daya baterai tiga kendaraan secara sekaligus sehingga mengurangi antrean dan memaksimalkan pemanfaatan sarana parkir. Dengan kinerja disipasi panas terbaik, dan berbagai fitur proteksi, alat tersebut menjamin keamanan dan reliabilitas proses pengisian ulang daya baterai. Lebih lagi, struktur modularnya mempermudah proses instalasi dan pemeliharaan sehingga menghemat biaya pemeliharaan bagi pihak bandara. Mendukung sejumlah metode pembayaran, seperti PayPal dan transaksi luring, alat pengisian daya baterai ini menawarkan pengalaman membayar yang nyaman, aman, dan fleksibel.

Durasi lain:
Kebutuhan:
Bervariasi menurut kondisi spesifik.
Solusi: Staf bandara dapat memilih alat pengisian daya baterai tipe AC jika jarak tempuhnya memadai, serta tipe DC jika memerlukan pengisian ulang daya baterai yang cepat. Seluruhnya bergantung pada kebutuhan di lapangan.

Apa pencapaian yang terwujud?
Ketersediaan layanan yang lebih baik:
Integrasi 84 alat pengisian daya baterai EV dari EVB telah meningkatkan kapasitas layanan bandara menjadi 172 titik pengisian daya baterai EV. Hasilnya, kualitas layanan semakin optimal, dan daya saing bandara pun semakin baik.
Memenuhi beragam kebutuhan: Alat-alat pengisian daya baterai EV ini menawarkan beragam daya dan moda pengisian ulang sesuai dengan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda sehingga melengkapi pengalaman pengguna.
Menjadi pionir pendekatan baru: Bandara Valencia bertransisi dari model bisnis konvensional menjadi model bisnis inovatif. Proyek ini tak hanya meningkatkan pemanfaatan area parkir bandara, namun juga menambah alur pendapatan, serta mendatangkan pendapatan dari biaya parkir dan taraf pengisian ulang daya baterai.
Mewujudkan perjalanan yang ramah lingkungan: Pengembangan stasiun pengisian daya baterai mendorong semakin banyak penumpang yang memilih EV sehingga mengurangi emisi karbon, serta memperjuangkan pelestarian lingkungan hidup.

Kesimpulan
Setelah stasiun pengisian daya baterai EV tersedia di Bandara Valencia, penumpang pesawat terbang yang kerap bepergian pun merasa puas, dan berkata, "Setelah stasiun pengisian daya baterai EV tersedia di bandara, saya tidak lagi khawatir dengan jarak tempuh kendaraan, sebab daya baterai mobil saya akan terisi penuh ketika saya kembali dari perjalanan dinas. Di sisi lain, saya mudah memakai alat pengisian daya baterai cepat saat mengantar anggota keluarga di bandara."

Proyek ini sukses besar, memenuhi kebutuhan pengguna, mewujudkan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan reputasi perusahaan, dan, lebih penting lagi, menjadi studi kasus dan pengalaman penting untuk proyek stasiun pengisian daya baterai EV yang serupa pada masa datang. Seiring dengan perkembangan industri kendaraan listrik, EVB tetap berkomitmen untuk berkolaborasi dengan berbagai perusahaan, selalu melansir solusi terbaik, serta menjamin pengguna di seluruh dunia dapat memperoleh kemudahan dan pengalaman yang efisien ketika mengisi daya baterai EV.