CMEF Ke-89 yang Berlangsung di Shanghai Dorong Aktivitas Bisnis Alat-Alat Medis Dunia ke Jenjang Baru

SHANGHAI, 16 April 2024 /PRNewswire/ -- China International Medical Equipment Fair (CMEF) Ke-89 diikuti lebih dari 200.000 pengunjung dari sekitar 150 negara. Berbagai perusahaan ternama di industri memamerkan berbagai produk dan solusi mutakhir yang meliputi setiap aspek dari rantai industri. Pameran ini sukses menjadi platform dinamis untuk kolaborasi, inovasi, dan eksplorasi sekaligus menggerakkan bisnis alat-alat medis di pasar global.


CMEF, selama lebih dari empat dekade terakhir, telah menjadi pameran multidimensi bagi industri alat-alat medis. Ajang ini mencakup pameran inovasi,  aktivitas bisnis, dan sesi bertukar wawasan. Maka, CMEF menjadi platform penting untuk melansir dan mempromosikan teknologi serta produk medis mutakhir.

Tahun ini, CMEF menghadirkan hampir 5.000 perusahaan global ternama yang memamerkan produk-produk unggulan. Beragam kategori produk juga didesain untuk mengeksplorasi tren dan prospek industri. Sejumlah kategori produk penting termasuk:

  • Sistem Robot Medis: Tahun ini, CMEF menampilkan berbagai produk baru buatan Tiongkok, termasuk sistem robot bedah (robotic surgical) dengan empat lengan. Sistem robot ini telah mendapatkan izin klinis untuk dipakai dalam prosedur pembedahan kompleks termasuk operasi tulang punggung, perut, dan panggul. 
  • Alat Medis Mutakhir: Beragam peralatan inovatif turut dipamerkan di CMEF. Misalnya, platform apex yang dilengkapi sederet teknologi dalam rantai citra medis (imaging). Platform ini menawarkan model alur kerja yang sangat efisien untuk mengatasi kendala dalam citra medis.
  • Digitalisasi layanan kesehatan yang didukung kecerdasan buatan (AI): Semakin banyak perusahaan mengintegrasikan sejumlah teknologi seperti kecerdasan buatan, analisis big data, dan machine learning. Integrasi tersebut menyediakan diagnosis kesehatan dan perawatan dengan analisis yang lebih cermat dan dukungan yang lebih cerdas dalam mengambil keputusan medis. Misalnya, solusi Chest CT AI, memakai fitur bantuan AI untuk menganalisis citra CT dada sehingga memperingkas proses, serta meningkatkan efisiensi dan akurasi diagnosis bagi dokter.

Tahun ini, CMEF dibuka pada 11 April lalu, bertepatan dengan Hari Parkinson Sedunia. Maka, CMEF memperluas perspektif dalam mendiagnosis dan merawat penyakit tersebut. Misalnya, Siemens meluncurkan inovasi terbarunya, MAGNETOM Cima.X. Dengan Gemini Gradients yang mencapai 2001 mT/m pada 200 T/m/s, alat medis ini menganalisis seluruh tubuh dengan mutu terbaik. GE Healthcare juga menghadirkan produk PET/CT digital yang canggih, mampu meningkatkan efisiensi pengumpulan foton hingga 60%. Berkat alat ini, tenaga medis memperoleh citra medis berdefinisi tinggi dan berdosis rendah dengan sensitivitas unit yang sangat baik. Alat ini membantu diagnosis awal penyakit Parkinson dan evaluasi gangguan kognitif.

Pada 2023, industri alat medis Tiongkok mencatat laju pertumbuhan rata-rata sebesar 9,34%, sedangkan ekspor meningkat 8,21%, dan impor meningkat 10,79%. Nilai impor alat medis dan produk IVD melampaui angka ekspor. Pada 13 Maret lalu, Dewan Negara Tiongkok resmi melansir kebijakan baru yang memfasilitasi pemutakhiran alat-alat medis dalam skala besar dan trade-ins untuk barang-barang konsumer. Inisiatif tersebut mendorong lembaga medis yang memenuhi persyaratan untuk mempercepat pemutakhiran dan transformasi alat-alat medis.

CMEF, sebagai platform global kerja sama bisnis, memfasilitasi aktivitas pertukaran internasional, mendukung perdagangan lintaswilayah, serta menggerakkan kolaborasi multilateral di berbagai sektor. CMEF menarik peserta dari sekitar 30 negara dan wilayah, mendorong kerja sama teknologi dan bisnis, serta mendukung kalangan perusahaan untuk mengakses pasar global. CMEF edisi berikutnya akan berlangsung di Shenzhen pada 12-15 Oktober 2024.