"Bybit Institutional Report 2024": Investor Institusi Semakin "Bullish" dan Menargetkan "Challenger Chain", sedangkan Nilai Pendanaan VC Kembali Meningkat untuk Proyek Infrastruktur, Gaming, dan AI

DUBAI, Uni Emirat Arab, 19 April 2024 /PRNewswire/ -- Bybit, bursa kripto terbesar ketiga di dunia berdasarkan volume perdagangan, bermitra dengan Treehouse, lembaga riset terkemuka di dunia yang menawarkan analisis profesional seputar aset digital, untuk meluncurkan 2024 Institutional Industry Report. Lebih lagi, laporan ini menyajikan analisis mendalam tentang kondisi terkini dalam tingkat penggunaan kripto di seluruh dunia, serta membandingkannya dengan sektor keuangan konvensional (traditional finance/TradFi).

Bybit Institutional Report 2024: Institutions Become Bullish and Eye Challenger Chains, while VC Funding Resurges for Infrastructure, Gaming, and AI
Bybit Institutional Report 2024: Institutions Become Bullish and Eye Challenger Chains, while VC Funding Resurges for Infrastructure, Gaming, and AI

Pada periode Oktober 2023-Maret 2024, sektor kripto mengalami peningkatan pesat dari sisi valuasi setelah kapitalisasi pasarnya meningkat sekitar $1 triliun menjadi $2,5 triliun pada akhir Maret lalu. Kenaikan ini mencerminkan optimisme investor yang semakin baik dan aliran masuk modal pada ekosistem kripto.

Menyajikan analisis mendalam, laporan ini mengungkap tren positif di pasar derivatif dengan indikasi aktivitas on-chain yang kian agresif di pasar derivatif untuk BTC dan ETH. Laporan ini juga mengeksplorasi pola investasi investor institusi melalui metrik on-chain, serta mengulas minat yang semakin meningkat dalam proyek ekosistem AI dan BTC.

Di sisi lain, laporan ini mencermati potensi dampak jangka panjang ETF, serta menawarkan perspektif tentang bitcoin halving mendatang. Laporan ini juga mengulas tema-tema penting seputar bull run pada 2024 yang mulai menunjukkan tren kenaikan.

Fokus Investor Institusi: Sejumlah Poin Penting

1. Pasar derivatif semakin bullish

Tren call-put jangka panjang selama 30 hari pada Maret 2024 menunjukkan sentimen bullish terlepas dari pergerakan pasar yang relatif mendatar pada Maret. BTC dan ETH umumnya menunjukkan call premium dalam jumlah besar.

Tren tersebut mencerminkan prospek bullish investor terhadap potensi kenaikan harga jangka panjang untuk dua instrumen kripto tersebut hingga akhir tahun ini.

2. Bitcoin sebagai instrumen lindung nilai (hedge) TradFi yang ideal

Tingkat korelasi BTC dan ETH dengan instrumen indeks, saham, atau pendapatan tetap masih berada di bawah 3%. Secara khusus, BTC menunjukkan korelasi negatif dari sisi imbal hasil terhadap indeks saham utama. Hal ini mengindikasikan potensi BTC sebagai diversifikasi instrumen hedge dalam portofolio investasi yang berfokus pada instrumen saham.  

Dengan alokasi 5% pada BTC dan ETH (dengan porsi seimbang), rasio Sharpe S&P 500 dapat ditingkatkan dari 2,20 menjadi 3,15, mencerminkan kenaikan sebesar 43,6%. Hal ini semakin terlihat jelas setelah investor ingin mengambil risiko tambahan dan mengalokasikan modal yang lebih banyak dalam portofolio kripto.

3. Kembalinya minat investor pada challenger chain

Sejak awal Triwulan IV-2023, native token pada challenger chain mencatat kinerja positif dibandingkan ETH. Misalnya, SOL menjadi token dengan kinerja unggulan di antara challenger token tersebut, melanjutkan tren yang telah diamati pada 2021 sebagai challenger chain terbesar berdasarkan TVL dan volume transaksi.

4. Meningkatkan pendanaan: proyek infrastruktur, gaming, dan AI

Pendanaan Venture Capital (VC) di industri kripto telah meningkat pesat. Pada Triwulan IV-2023, jumlah pendanaan VC naik sebesar 21% menjadi 174, dan nilai pendanaan yang diumumkan mencapai $1,42 miliar, naik sebesar 29%. Pada Triwulan I-2024, 243 pendanaan VC telah diumumkan dengan nilai total $1,94 miliar, naik sebesar 36% dibandingkan nilai pendanaan pada Triwulan IV-2023.

Proyek infrastruktur masih menjadi fokus utama dari investasi VC, bahkan menarik aliran modal bernilai besar untuk mendukung pondasi ekosistem blockchain. Proyek tersebut meliputi beragam sektor, termasuk hardware wallet dan penyedia data blockchain, menawarkan solusi vital yang mengatasi tantangan industri dan menggerakkan inovasi.

Setelah pasar konvensional yang kian terintegrasi dengan kripto, tren ini menimbulkan tantangan bagi pelaku TradFi dan pendatang baru yang ingin menghadapi kompleksitas. Maka, pelaku industri harus mengikuti tren terbaru di industri yang selalu berkembang ini.

Laporan selengkapnya tersedia di tautan berikut: https://learn.bybit.com/crypto-insights/bybit-institutional-x-treehouse-crypto-landscape-in-q1-2024-analysis-narratives/ 

#Bybit / #TheCryptoArk

Tentang Bybit

Bybit adalah bursa mata uang kripto terbesar ketiga berdasarkan volume perdagangan. Berdiri pada 2018, Bybit memiliki 25 juta pengguna. Bybit menawarkan platform profesional agar investor dan trader kripto memperoleh matching engine yang sangat cepat, layanan pelanggan yang tersedia 24/7, serta dukungan komunitas dalam berbagai bahasa. Bybit merupakan sponsor tim Juara Konstruktor dan Pembalap Formula Satu: Oracle Red Bull Racing. 

Informasi lebih lanjut tentang Bybit tersedia di Bybit Press.
Narahubung media: media@bybit.com
Informasi lebih lanjut: https://www.bybit.com
Kabar terbaru: Komunitas Bybit dan Media Sosial Bybit

Discord | Facebook | Instagram | LinkedIn | Reddit | Telegram | TikTok | X | Youtube