Omdia perkirakan bahwa OLED untuk pasar PC seluler akan menumbuhkan CAGR hingga 37% pada tahun 2031

LONDON, 23 Mei 2024 /PRNewswire/ -- Menurut pelacak perkiraan Omdia tentang permintaan jangka panjang terhadap layar, permintaan layar OLED PC seluler diperkirakan menumbuhkan CAGR hingga 37% dari tahun 2023 hingga 2031. Lonjakan ini menunjukkan tren semakin banyak merek yang mengintegrasikan panel OLED ke notebook dan tablet premium mereka.

OLED demand forecast for mobile PC
OLED demand forecast for mobile PC

Karena masalah akibat pandemi COVID-19 dan inflasi, pertumbuhan permintaan OLED untuk PC seluler melambat pada tahun 2022 dan 2023. Namun, dengan munculnya PC berkemampuan AI dan kemajuan kinerja AI, produsen PC seluler bersiap memperkenalkan produk baru mulai tahun 2024. Selain itu, penghentian dukungan Windows 10 pada paruh kedua tahun 2025 diperkirakan akan merangsang pemulihan permintaan PC seluler.

Di tengah situasi pasar ini, Apple telah melakukan lompatan maju yang signifikan dengan memperkenalkan layar OLED di jajaran iPad Pro untuk pertama kalinya. Dengan antisipasi volume penjualan tahunan model iPad Pro ini, permintaan tablet OLED pada tahun 2024 diperkirakan meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, ada spekulasi yang kuat bahwa Apple akhirnya akan menggunakan OLED di seluruh jajaran produk tabletnya, termasuk iPad Air dan iPad mini. Langkah strategis ini mungkin akan memengaruhi strategi pesaing tentang penggunaan OLED, sehingga bisa mendorong permintaan tablet OLED hingga lebih dari 30 juta unit pada tahun 2029.

Menurut Ricky Park, Senior Principal Analyst di praktik riset Display Omdia, "Apple kemungkinan besar akan menggunakan OLED pada model MacBook Pro di awal tahun 2026. Langkah ini dapat memicu lonjakan tajam permintaan OLED di pasar notebook yang mungkin mencapai lebih dari 60 juta unit selambatnya tahun 2031."

Seiring dengan meningkatnya permintaan layar OLED, berbagai produsen besar di bidang panel layar secara strategis berusaha memanfaatkan tren ini. Pada tahun 2023, Samsung Display dan BOE secara resmi mengumumkan investasi untuk pembuatan OLED G8.6, dengan berencana memesan peralatan dan memulai produksi massal. Di saat yang sama, Visionox dari Tiongkok juga bersiap untuk berinvestasi pada pembuatan generasi yang sama. Perkiraan tanggal produksi massal ini dijadwalkan pada tahun 2026 atau 2027, dan akan sangat penting dalam memenuhi peningkatan permintaan layar OLED pada laptop.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech, sebuah kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.

Fasiha KhanFasiha.khan@omdia.com

Foto - https://mma.prnasia.com/media2/2419703/Omdia_OLED_demand_forecast_for_mobile_PC.jpg?p=medium600 

Logo - https://mma.prnasia.com/media2/2369794/Omdia_Logo.jpg?p=medium600