Pojok Istana

Agenda Presiden Jokowi Selama di Singapura

Oleh : very - Selasa, 13/11/2018 15:50 WIB

Presiden Joko Widodo tiba di Hotel Conrad, Singapura, menghadiri KTT Ke-33 ASEAN pada Selasa (13/11/2018). (ANTARA News/Bayu Prasetyo)

 

Singapura, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo pada hari pertama kunjungan di Singapura melakukan empat agenda kerja.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan agenda yang dijalankan Presiden Jokowi selama kunjungan kerja ke Singapura. 
   
"Untuk hari ini akan ada empat program yang akan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, yang pertama adalah pembukaan KTT ASEAN. Ke-2 adalah acara dengan ASEAN Business Advisory Council atau ABAC," kata Menlu Retno di Hotel Conrad, pada Selasa, seperti dikutip Antara.

Menurut Retno, agenda selanjutnya yakni menghadiri Jamuan Makan Malam Resmi ASEAN dan rapat pleno KTT ASEAN.
   
Menlu menambahkan sejumlah hal yang akan dibahas oleh Indonesia antara lain mengenai Kemitraan Ekonomi Komprehensif di Kawasan (RCEP) serta Indo-Pacific.
   
Selain itu pada hari kedua di Singapura, Presiden direncanakan melakukan belasan agenda yakni tujuh pertemuan terkait ASEAN, dan beberapa pertemuan bilateral.
   
"Sementara untuk hari ketiga, hari terakhir, akan ada sekitar enam program. Lima program terkait dengan ASEAN dan satu lagi adalah mengenai pertemuan bilateral," ujar Retno.
   
Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan menteri telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Jepang, RRT, Australia dan Korea Selatan yang menyampaikan dukungannya kepada Indonesia sebagai Ketua Tim Koordinator RCEP.
   
Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Internasional Changi pada Selasa sekitar pukul 12.30 waktu setempat. Kepala Negara akan berada di Singapura hingga pada Kamis (15/11). (Very) 

 

Artikel Terkait