Bisnis

Pertamina Luncurkan SPLU Hari Ini

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 10/12/2018 16:01 WIB

Hari ini Pertamina melaunching Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di SPBU COCO Pertamina Kuningan, Jakarta. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID – Hari ini Pertamina melaunching Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di SPBU COCO Pertamina Kuningan, Jakarta.

Peluncuran tersebut sebagai pemanfaatan energy terbarukan yang di dorong oleh Kementerian ESDM.

Langkah yang diambil Pertamina ini merupakan antisipasi dan kesiapan Pertamina dalam menghadapi disruption business dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke arah kendaran listrik. Tentunya Pertamina akan menghadirkan fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan listrik dalam rangka mengembangan Ekosistem Bisnis Kendaraan Listrik ke depan dengan mengusung nama Green Energy Station (GES).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menuturkan, usaha ini sebagai  pengisian baterai yang merupakan bagian yang terintegrasi dari bisnis SPBU Pertamina di masa yang akan datang.

Menurutnya, ada tiga konsep di GES. Konsep Pertama, Konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU yang dimiliki, Konsep Kedua, Konsep Future yang memiliki EV Charging Station, Konsep Ketiga, Konsep Digital yaitu My Pertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cashless serta adanya self-service.

“Nah untuk selanjutnya GES diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV serta tempat untuk swapping baterai yang didedikasikan untuk sepeda motor listrik kecil," katanya.

Saat ini pilot project GES telah hadir menjawab tantangan tersebut. Di SPBU ini telah terpasang 4 (empat) unit charging station dimana 2 (dua) unit merupakan tipe fast charging yang mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik dalam waktu kurang dari 15 menit dan 2 (dua) unit merupakan tipe normal charging.

Pertamina mendapatkan dukungan dari berbagai sektor mulai dari Pemerintah melalui Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, serta sinergi BUMN dengan Telkom dan PLN, Lembaga Pendidikan melalui UI, dan pelaku bisnis kendaraan listrik BMW, Toyota, Mitsubishi, dan Gesits serta pelaku bisnis charging station Bosch. (Abdi.K)

Loading...
TAGS :

Artikel Terkait