Nasional

Presiden Joko Widodo : Kerjasama Indonesia - Filipina Sangat Baik

Oleh : luska - Minggu, 23/06/2019 18:01 WIB

Indonesia-Filipina selesaikan proses ratifikasi perjanjian batas ZEE.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kerja sama bilateral antara Indonesia dan Filipina mengalami perkembangan yang sangat baik. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di sela-sela pelaksanaan KTT ke-34 ASEAN di Hotel Athenee, Bangkok, Thailand, pada Sabtu (22/6/2019) malam.

"Saya menyambut baik selesainya proses ratifikasi Perjanjian batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia-Filipina," ucap Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden kepada wartawan, Minggu (23/6/2019).

Pertukaran instrumen ratifikasi akan dilakukan oleh kedua menteri luar negeri di Jakarta pada Agustus 2019. Ratifikasi ini akan memberikan kepastian hukum bagi penegakan hukum dan peningkatan kerja sama di bidang maritim.

"Saya mengusulkan kiranya kita dapat menugaskan tim kita untuk segera memulai negosiasi landas kontinen," kata Presiden Jokowi.

Masih terkait isu bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan rencana kalangan swasta Indonesia untuk meningkatkan perdagangan dan investasi di Filipina.

"Saya juga ingin mengharapkan bantuan Yang Mulia untuk dapat memberikan pengecualian terhadap produk instan kopi dan keramik Indonesia dari price-based special safeguard," tutur Presiden Jokowi.

Hal lain yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pertemuannya dengan Presiden Duterte adalah mengenai kerja sama Indo-Pasifik. "Saya sangat menghargai dukungan dan kontribusi Filipina terhadap pengembangan `ASEAN Outlook on Indo-Pacific Cooperation`."

Di awal pertemuan, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Filipina terkait pembebasan sandera Indonesia. (Lka)

Artikel Terkait