Nasional

SMA APM, Perpaduan Boarding School dan Sekolah Berkuda

Oleh : tirto prima putra - Kamis, 12/09/2019 07:43 WIB

Show jumping di APM

Tangerang, indonews.id – Suatu tempat equestrian bernama Adria Pratama Mulya (APM) di area Tigaraksa, Tangerang berdiri sejak Tahun 2007. Beberapa event equestrian kerap diselenggarakan di APM Equestrian Centre, salah satu yang besar Cinta Indonesia Open (CIO).

Namun APM ternyata bukan hanya memiliki club berkuda yang terkenal namun memiliki SMA dengan konsep asrama (boarding school). Ketika memasuki kawasan sekolah, umumnya kita melihat lapangan futsal atau basket namun tidak pada SMA APM.

Berbeda dengan kebanyakan sekolah, Di SMA APM justru yang terlihat adalah ruang yang lebih luas daripada lapangan basket dan futsal yang diperuntukkan untuk berkuda. SMA yang berdiri sejak 2012 ini memiliki fasilitas yang berkualitas, terbukti SMA ini menjadi lokasi/venue cabang olahraga Modern Pentathlon atau Pancalomba pada Asian Games 2018. Sebagai catatan, Pentathlon terdiri dari renang, anggar, kuda, lari dan tembak laser.

SMA APM merupakan sekolah swasta dengan kurikulum 2013 (K13) yang umum digunakan. Pada proses kegiatan belajar mengajar, APM berbeda karena tempat tidak selalu di kelas melainkan menyesuaikan dengan konsensus pengajar dan siswa. Tahun 2020 direncanakan SMA APM menggunakan kurikulum Cambridge. Kurikulum tersebut berupa opsi, namun siswa dapat bebas memilih kurikulum dan ujian yang dibutuhkan.

Loading...

Ketua Yayasan, Nadia Marciano menjelaskan konsep SMA APM dan kaitannya dengan berkuda. Muatan lokal yang biasanya diajarkan kepada siswa diganti dengan kurikulum equestrian. APM memiliki sekitar 50 ekor kuda yang dapat digunakan siswa.

Siswa APM dituntut bukan hanya menjadi penunggang kuda (rider), namun juga merawat, memandikan, bahkan menjadikan cabang olahraga equestrian industri. Salah satu keunikan dari kurikulum berkuda ketika siswa SMA dituntut mampu menjadikan equestrian industri dengan menyelenggarakan event equestrian secara mandiri.

Siswa SMA APM kerap menyelenggarakan event equestrian seperti "APM Equestrian Competition 2019", pada 7 – 8 September 2019. Event tersebut tidak hanya diikuti siswa APM namun siswa sekolah lain yang juga member APM Equestrian Centre. Dengan demikian, lulusan SMA APM memiliki kemampuan menyelenggarakan kegiatan.

Artikel Terkait