Nasional

Calon Rektor UI, Ini 7 Nama yang Lolos ke Tahap Berikutnya

Oleh : very - Senin, 16/09/2019 23:01 WIB

Tujuh nama calon rektor UI 2019-2023. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) melalui Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) memutuskan untuk meloloskan tujuh calon rektor UI periode 2019-2024 untuk maju ke tahap seleksi berikutnya.

Ketua MWA Saleh Husin mengatakan, penetapan tujuh calon rektor yang lolos itu berdasarkan penetapan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) seperti tertuang dalam Berita Acara Nomor BA-428/UN2.MWA/OTL.01/2019 tanggal 16 September 2019.

"Berdasarkan keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) UI, kami telah menetapkan tujuh Calon Rektor UI Periode 2019-2024," kata Husin di kampus UI Salemba, Jakarta, Senin (16/9).

Dia mengatakan, ketujuh calon rektor yang lolos itu telah melalui proses seleksi berupa 7 aspek karakter dan 9 aspek kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Asesmen Profesional dan seluruh anggota MWA UI.

Ketua Pansus Pilrek UI, Wiku Adisasmito mengatakan penilaian itu dilakukan secara profesional oleh tim penilai.

Dijelaskannya, penilaian 7 aspek karakter tersebut meliputi kematangan emosi, toleransi terhadap tekanan, integritas, relasi interpersonal, komunikasi, kerja sama, serta kemampuan mengarahkan. Sementara mengenai 9 hal terkait kompetensi, 3 antara lain yaitu integritas, wawasan kebangsaan, dan kemampuan seorang pemimpin untuk membuat perubahan," kata Wiku.

Selanjuntya ketujuh calon rektor terpilih itu akan mengikuti tahap berikutnya.Wiku mengungkapkan, tahap tersebut adalah presentasi dari ketujuh calon rektor di depan para pakar yang berlangsung sejak 19 September 2019. Agenda ini sekaligus mengumumkan 3 calon rektor tersaring, yang akan melanjutkan ke tahap debat publik.

“Debat publik ini berlangsung terbuka. Para mahasiswa dan civitas akademika dapat menonton debat 3 calon rektor yang telah tersaring. Debat publik akan berlangsung 25 September 2019, sekaligus menetapkan rektor UI terpilih,” pungkasnya.

Ini ketujuh calon rektor UI yang lolos ke tahap selanjutnya:

  1. Prof. Dr .rer. nat. Abd Haris
    2. dr. Agustin Kusumayati, MSc, PhD
    3. Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D
    4. Dr. Ir Arissetyanto Nugroho, MM., IPU., CMA., MSS
    5. Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A
    6. Prof. DR. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K)
    7. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait