Pojok Istana

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Penanganan Karhutla di Desa Merbau, Riau

Oleh : very - Selasa, 17/09/2019 11:10 WIB

Presiden Jokowi saat meninjau kebakaran lahan dan hutan di Kampar, Riau. (Foto: Ant)

Riau, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo dan rombongan pagi ini, Selasa, 17 September 2019, akan bertolak menuju Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau untuk meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di lokasi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Negara terlebih dahulu melaksanakan salat istiska yang digelar di Masjid Amrullah, Kompleks Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Seperti dikutip dari siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Presiden dan rombongan lepas landas menuju lokasi karhutla di Desa Merbau dengan menggunakan helikopter Superpuma TNI AU.

“Selain di lokasi tersebut, hari ini, Kepala Negara juga akan meninjau penanganan karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, sebelum kembali bertolak menuju Jakarta,” ujarnya.

Dalam rapat terbatas yang digelar tadi malam, Presiden Joko Widodo mengingatkan para perangkat negara baik di tingkat pusat maupun daerah untuk membangun kerja sama yang solid dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Presiden juga menegaskan bahwa upaya pencegahan dengan terus melakukan pemantauan terhadap titik api yang muncul merupakan hal yang harus dilakukan sebelum terlanjur meluas.

"Pencegahan di dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan itu adalah mutlak harus dilakukan. Karena kalau yang terjadi sudah kejadian kebakaran apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," ujarnya dalam sesi pengantar rapat yang digelar di Hotel Novotel Pekanbaru, Senin, 16 September 2019.

Turut menyertai Presiden dalam peninjauan ini di antaranya ialah Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menpupera Basuki Hadimuljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BNPB Doni Monardo. (Very)

 

Artikel Terkait