Bisnis

Menteri Jonan dalam Rakor Pembangunan Daerah Bersama Gubernur dan Bupati/Walikota DIY

Oleh : very - Kamis, 19/04/2018 13:30 WIB

Yogyakarta, INDONEWS.ID- Menghadapi derasnya arus teknologi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memaparkan jurus jitu leadership (kepemimpinan) untuk diterapkan para pemimpin di berbagai daerah untuk dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Kita tidak bisa menahan zaman, maka kita yang harus ber-`evolusi`, bukan `revolusi` tapi `evolusi`, dari reaktif jadi proaktif, itu kuncinya," ujar Jonan pada Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Yogyakarta, Rabu (18/4) yang turut dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan jajarannya.

Menurut Jonan, selain memiliki pengikut, yang lebih penting bagi seorang pemimpin adalah hasil. "Tunjukkan apa hasil yang telah diraih, tidak perlu bercerita panjang lebar tentang proses lagi, itu sudah bagian way of life, yang penting hasil, bukan popularitas. Kalau harus milih populer atau hasil, saya lebih memilih hasil," lanjutnya.

Selain itu, Jonan berpesan kepada pimpinan DPRD, Bupati/Walikota, dan para pimpinan badan/dinas di DIY yang hadir untuk dapat memberikan contoh nyata. "Untuk dapat mentransfer ilmu kepada orang lain yang berasal dari berbagai rentang usia, mengurangi gap, kuncinya adalah memberi contoh nyata," ujar Jonan.

Menurut Jonan, sangat penting bagi pemimpin memberikan teladan bagi bawahannya. Pemimpin juga harus menentukan target-target keberhasilan jangka pendek sebagai bagian proses transformasi organisasi.

Dan terakhir, leadership bukanlah soal ranking, titel, atau tentang uang, tapi leadership adalah tentang tanggungjawab. "Sedikit tanggung jawabnya, tapi diselesaikan sampai tuntas. Jangan terlalu banyak visi, terlalu banyak kajian tapi masalah organisasi yang simpel justru tak terselesaikan," pungkas Menteri Jonan.

Kehadiran Menteri ESDM pada acara yang mengusung tema "Transformation Leadership: Inspirasi Pembangunan Daerah yang Berkualitas" tersebut diharapkan memberikan inspirasi bagi birokrat Pemda DIY dalam mengelola pembangunan daerah yang berkualitas. (Very)

Artikel Terkait