Internasional

Perang Dagang Amerika Tiongkok Menjadi Pembicaraan di G20

Oleh : Abdi Lisa - Minggu, 02/12/2018 11:05 WIB

Perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok makin menjadi bahan pembicaraan di pertemuan G20. (Foto Ist)

Buenos, INDONEWS ID – Perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok makin menjadi bahan pembicaraan di pertemuan G20.

Kini perang dagang kedua Negara Amerika Serikat dengan Tiongkok semakin membayangi pembicaraan pada pertemuan kelompok ekonomi utama dunia G20, di Buenos Aires, Argentina.

Saat itu Trump memulai upaya yang dilihatnya sebagai praktik perdagangan Tiongkok yang tidak adil.

Perkataan tersebut terjadi Sabtu (30/11) antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang bertujuan meredakan perang dagang akan menjadi ujian kedua pemimpin.

Pemimpin AS itu tersipu-sipu pada Jumat (30/11) sekalipun ia mencatat beberapa tanda-tanda positif. "Kami bekerja sangat keras. Jika kita bisa membuat kesepakatan itu akan bagus. Saya pikir mereka mau. Saya pikir kami ingin. Kita akan lihat," katanya seperti yang dikutip dari Reuters.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok di Buenos Aires mengatakan ada tanda-tanda peningkatan konsensus menjelang diskusi, tetapi perbedaan itu tetap ada.

Beijing berharap Trump membatalkan rencana menaikkan tarif senilai US$ 200 miliar barang-barang Tiongkok menjadi 25 persen pada Januari, dari 10 persen saat ini. Trump telah mengancam akan melanjutkan dengan menambahkan tarif pada US$ 267 miliar impor barang Tiongkok jika tidak ada kemajuan pembicaraan. (Abdi.K)

Artikel Terkait