Politik

Survei SMRC: Ini Temuan yang Signifikan, Nyata dan Meyakinkan

Oleh : very - Minggu, 10/03/2019 20:30 WIB

Debat capres Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, di Jakarta. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, INDNONEWS.ID - Hasil survei oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma`ruf Amin masih jauh meninggalkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Ini temuan yang signifikan, nyata dan jelas meyakinkan bahwa calon yang satu lebih unggul atas calon lain," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam jumpa pers di Kantor SMRC Jakarta, Minggu (10/3/2019).

SMRC melakukan survei kepada 1.426 responden yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei menanyakan, seandainya pemilu dilakukan sekarang, siapa pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih. Hasilnya adalah 54,9 persen memilih pasangan Jokowi-Ma`ruf. Sementara, pemilih pasangan Prabowo-Sandi sebesar 32,1 persen. Dan sebanyak 13,0 persen menyatakan tidak tahu atau merahasiakan pilihannya.

"Selisih keduanya sekitar 23 persen, bila pilpres dilakukan saat survei," kata Deni.

Pengumpulan data berlangsung pada 24-31 Januari 2019. Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.426 responden. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Adapun, margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,65 persen. (Very)

Artikel Terkait