Nasional

Atasi Pencemaran Udara, Ini Strategi Yang Dilakukan Pemprov DKI Jakarta

Oleh : Ronald - Sabtu, 13/07/2019 12:31 WIB

Pencemaran udara di DKI Jakarta (ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan telah membuat sejumlah strategi untuk mengatasi pencemaran udara di DKI Jakarta.

"Karena kita semua peduli terhadap kondisi kualitas udara di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta," kata Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarno, Sabtu (13/7/1019).

Strategi-strategi yang dimaksud, disebutkan Agung di antaranya adalah dengan meningkatkan layanan angkutan umum massal, mulai dari MRT yang fase keduanya juga sedang berjalan dan kendaraan umum massal lainnya.

Kemudian strategi berikutnya adalah dengan meningkatkan perlengkapan uji emisi kendaraan bermotor dan penambahan ruang hijau serta penanaman pepohonan yang dapat menyerap PM 2,5 di udara yang dikeluarkan oleh sebagian besar dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berupaya meningkatkan integrasi ruang terbuka hijau dengan jalur pedestrian.

Karena itu, Pemprov DKI berharap masyarakat bisa mulai beralih menggunakan kendaraan umum massal seiring dengan peningkatan jalur pedestrian yang nyaman bagi warga.

Agung mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta juga saat ini sedang merencanakan pengadaan bus TransJakarta dengan bahan bakar listrik. Strategi-strategi tersebut, kata dia diharapkan dapat mengurangi emisi sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di DKI Jakarta. (rnl)

 

Artikel Terkait